TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN AKTIVA TETAP

Materi teori akuntansi ini akan menjelaskan manfaat penyusunan laporan aktiva tetap / tujuan laporan aktiva tetap.

Tujuan Penyusunan Laporan Aktiva Tetap

Tujuan pelaporan aktiva tetap itu sebenarnya apa sih ?

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang ciri-ciri aktiva tetap berwujud. Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apa sebenarnya tujuan penyusunan laporan aktiva tetap ?

Tiga tujuan penyusunan laporan aktiva tetap adalah sebagai berikut :

  • Untuk perhitungan beban penyusutan dalam proses matching. Perhitungan tentang biaya yang akan dibebankan dalam perhitungan net income, lazim dikenal dengan perhitungan dari penyusutan untuk tahun yang berjalan (current depreciation). Perhitungan biaya penyusutan (depreciation expense) secara berkala, adalah tujuan utama dari pelaporan aktiva tetap.
  • Untuk memberikan interpretasi ekonomis atas aktiva tetap. Tujuan kedua dari pelaporan aktiva tetap ini dimasudkan untuk memberikan indikasi mengenai jumlah kuantitas fisik atau kapasitas produktif yang dimiliki perusahaan.
  • Untuk menyajikan informasi yang dapat dipakai untuk menduga aliran kas di masa yang akan datang. Tujuan ketiga dari pelaporan aktiva tetap ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan perusahaan. Sebagaimana halnya dengan pengelompokan monetary assets dan current assets yang menyajikan informasi tentang kegiatan perusahaan, demikian juga dengan aktiva tetap, pengelompokan aktiva tetap memberikan pesan-pesan tertentu tentang kegiatan perusahaan. Jumlah uang yang ditanamkan dalam aktiva tetap merupakan informasi yang relevan bagi investor dan kreditor karena dapat membantu meramalkan arus kas dikemudian hari dan memberikan indikasi tentang waktu yang tepat bagi perusahaan untuk mengganti aktiva tetap yang dimiliki.

Itulah 3 tujuan penyusunan laporan aktiva tetap. Semoga bermanfaat ! Baca juga kelebihan dan kelemahan historical cost dan current cost :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *