TUJUAN MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM PERUSAHAAN

Materi manajemen operasional ini akan menjelaskan tujuan dan manfaat manajemen operasional.

Tujuan Manajemen Operasional Dalam Perusahaan

Apa manfaat dan tujuan manajemen operasi dalam perusahaan ?

Tujuan manajemen operasional adalah untuk mengatur penggunaan resources dan faktor-faktor produksi yang ada baik yang berupa bahan, tenaga kerja, mesin-mesin dan perlengkapan, dan lain sebagainya dengan tepat sehingga proses produksi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Pengertian efektif disini berarti bahwa resources yang ada dapat diperoleh hasil yang sebesar-besar-nya, dalam arti jumlah output yang dihasilkan bertambah besar. Hal ini dapat pula berarti produktivitas bertambah, di samping dalam hal tersebut efektif berarti pula bahwa output yang dihasilkan memiliki mutu atau kualitas yang lebih baik. Sedangkan pengertian efisien berarti bahwa proses produksi dapat berjalan dengan memakan ongkos atau biaya yang rendah dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Tujuan manajemen operasional dalam perusahaan secara umum adalah untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas, dengan jumlah (kuantitas) yang tepat, dalam waktu yang tepat, dan dengan biaya yang tepat (tidak mahal).

Tujuan manajemen operasional tidak akan dapat dicapai apabila tidak dilakukan upaya untuk mencapainya, dan upaya tersebut akan berjalan lancar apabila diatur secara sistematis, terencana dan diikuti dengan pengawasan yang tepat.

Tujuan utama manajemen operasi dan produksi adalah sebagai berikut :

  • Efficiency ( Meningkatkan Efisiensi )
  • Productivity ( Meningkatkan Efektivitas )
  • Economy ( Mengurangi Biaya )
  • Quality ( Meningkatkan Kualitas )
  • Reduced processing time ( Mengurangi waktu proses produksi )

Tujuan manajemen operasional menurut para ahli adalah untuk :

  • Memproduksi barang dan jasa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (tujuan efektivitas).
  • Memaksimalkan output barang dan jasa dengan input sumber daya yang minimum (tujuan efisiensi).
  • Memastikan bahwa barang dan jasa yang dihasilkan telah sesuai dengan spesifikasi &¬†standar kualitas yang telah ditentukan sebelumnya (tujuan kualitas).
  • Meminimalkan biaya produksi barang dan jasa yang akan dibuat (tujuan ekonomi).
  • Meminimalkan waktu-waktu yang terbuang dalam proses produksi dengan mengurangi waktu keterlambatan dan idle time (tujuan processing time).
  • Memaksimalkan pemanfaatan tenaga kerja, mesin, dll.

Itulah beberapa tujuan manajemen operasional dalam perusahaan yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel manajemen operasional bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca belajarakuntansionline.com :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *