TUJUAN DAN PROSEDUR PEMERIKSAAN BIAYA DIBAYAR DIMUKA

Tujuan dan Prosedur Pemeriksaan Biaya Dibayar Dimuka

Apa tujuan pemeriksaan biaya dibayar dimuka / tujuan audit biaya dibayar dimuka ?


Tujuan pemeriksaan biaya yang dibayar dimuka dan biaya yang ditangguhkan adalah untuk :

  • Menentukan bahwa saldo pada tanggal neraca merupakan biaya yang mempunyai kegunaan atau menjadi beban untuk masa yang akan datang.
  • Meyakinkan bahwa amortisasi atau penghapusan biaya dibayar dimuka dan biaya yang ditangguhkan telah dihitung atas dasar yang dapat diterima serta diterapkan secara konsisten dengan tahun-tahun yang lalu.
  • Menentukan bahwa perkiraan-perkiraan tersebut telah diklasifikasikan dan diungkapkan (disclosed) secara tepat di dalam ikhtisar keuangan.
  • Menentukan bahwa penambahan biaya selama masa pemeriksaan merupakan hal yang wajar terhadap perkiraan tersebut dan memang merupakan biaya sebenarnya yang mempunyai kegunaan atau merupakan beban untuk masa yang akan datang.

Prosedur Audit Biaya Dibayar Dimuka

Program audit beban dibayar dimuka itu seperti apa sih ?


Prosedur pemeriksaan biaya dibayar dimuka dan biaya yang ditangguhkan pada umumnya adalah sebagai berikut :

1) Mintakan kepada klien suatu daftar pembayaran asuransi dimuka.

2) Lakukan footing dan crossfooting pada ikhtisar tersebut, kemudian cocokkan biaya asuransi dan biaya asuransi yang dibayar dimuka dengan buku-buku besar yang bersangkutan.

3) Cocokkan informasi yang ada dalam daftar pembayaran asuransi dimuka dengan polis asuransi dan bukti-bukti pembayaran premi asuransi.

4) Periksa kebenaran perhitungan premi asuransi yang dibayar dimuka dan biaya asuransi untuk tahun berjalan dengan memperhatikan tanggal mulai berlakunya polis asuransi dan tanggal habisnya polis asuransi.

5) Perhatikan apakah polis asuransi tersebut dibuat bukan untuk keuntungan klien.

6) Perhatikan kewajaran jumlah asuransi yang dibuat oleh klien.


Semoga penjelasan mengenai tujuan dan prosedur pemeriksaan biaya dibayar dimuka yang singkat ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua. Baca juga jenis sampling audit :)