TUGAS AKUNTAN PUBLIK (AUDITOR INDEPENDEN)

Materi auditing kali ini akan menjelaskan tentang pengertian akuntan publik dan tugasnya.


Pengertian Akuntan Publik

Apa itu akuntan publik ?


Pengertian akuntan publik menurut para ahli :

Akuntan publik adalah seseorang yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit klien dan biasanya sudah mempunyai sertifikat kelulusan tes akuntan publik dan bergelar Ak. Kalau di Indonesia nama tesnya USAP ( Ujian Sertifikasi Akuntan Publik ). Kalau diluar negeri sebutan untuk akuntan publik adala CPA (Certified Public Accountant). Akuntan publik kerap kali disebut sebagai auditor independen.


Tugas Akuntan Publik (Auditor Independen)

Contoh tugas akuntan publik itu seperti apa sih?


Tugas akuntan publik adalah sebagai berikut :

  • General Audit Services, yaitu pemeriksaan yang obyektif atas laporan keuangan yang disertai dengan pernyataan pendapat mengenai kelayakan penyajian laporan keuangan tersebut. Ruang lingkup general audit juga tergantung pada jenis-jenis audit.
  • Investigation Services, yaitu bantuan yang diberikan untuk dapat mengatasi masalah-masalah khusus yang sedang dihadapi oleh manajemen.
  • Management Advisory Services, adalah bantuan nasehat yang diberikan kepada manajemen mengenai masalah Akuntansi, perencanaan keuangan dan lain-lain.
  • Representation Service, adalah tugas untuk dapat mewakili atau menjadi kuasa klien dalam mengurus masalah-masalah tertentu, misalnya mengurus masalah perpajakan, pendaftaran efek, perunding an perburuhan dan lain-lain.
  • Assistence Services, adalah memberikan bantuan jasa yang bermacam-macam antara lain memberikan bantuan dalam pelaksanaan pembukuan, menyusun sistem yang baru, menyiapkan ristitusi pajak dan lain-lain.

Nah semoga kamu semakin paham akan pengertian akuntan publik dan tugas akuntan publik (auditor independen) ya teman !