TANGGUNG JAWAB AUDITOR TERHADAP LAPORAN AUDIT

Tanggung Jawab Auditor Terhadap Laporan Audit

Apa saja tanggung jawab auditor terhadap laporan audit yang diterbitkan & tanggung jawab auditor terhadap laporan keuangan ?


Secara umum, auditor bertanggung jawab merencanakan dan melaksanakan audit untuk memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material dengan mengacu pada bukti-bukti yang benar-benar memadai. Auditor memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi berbagai jenis salah saji material, termasuk kesalahan, penyimpangan yang diakibatkan oleh tindakan ilegal atau yang melawan hukum. Bukti audit haruslah diperoleh dengan cukup dan tepat untuk memberikan dasar dalam menyatakan pendapat audit pada laporan auditor.


Bagaimana tanggung jawab auditor dalam mendeteksi kecurangan / tanggung jawab auditor terkait dengan kecurangan dalam suatu audit atas laporan keuangan ?


Tanggung jawab auditor terhadap kecurangan dalam suatu audit laporan keuangan adalah hanya sebatas memberikan informasi kecurangan saja (bila ada). Karena pada dasarnya auditor bertanggung jawab atas opini yang diberikannya dan sama sekali tidak bertanggung jawab atas ada atau tidaknya suatu kecurangan di tubuh klien. Namun, auditor akan mempunyai tanggung jawab terhadap kecurangan bilamana ia (auditor) lalai secara profesional, seperti tidak memberitahukan adanya indikasi kecurangan kepada pihak klien pada saat memeriksa internal kontrol, dan tidak mencoba menambah sampel pemeriksaannya terkait dengan indikasi kecurangan tersebut.


Bagaimana tanggung jawab auditor terhadap subsequent event, apabila setelah dikeluarkannya laporan keuangan yang telah diperiksa, ternyata di dalam laporan tersebut terdapat informasi yang keliru ?


Pemeriksa (auditor) bertanggung-jawab untuk menjamin bahwa klien telah mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu dalam memberitahukan pemakai laporan keuganan atas kesalahan-kesalahan laporan tersebut, atau dalam arti lain Dia (pemeriksa) mempunyai kewajiban untuk menjamin bahwa pemakai laporan keuangan tersebut telah diberitahukan tentang kesalahan laporan tersebut. Hal tersebut dapat diupayakan oleh auditor dengan segera meminta klien untuk mengeluarkan revisi secepatnya atas laporan keuangan tersebut dengan menyertakan penjelasan tentang alasan perbaikan.


Itulah beberapa tanggung jawab auditor terhadap laporan audit yang diterbitkan. Semoga bisa dipahami. Baca juga general audit dan special audit :)