TANGGUNG JAWAB AUDITOR PENGGANTI DAN AUDITOR PENDAHULU


Tanggung Jawab Auditor Pengganti dan Auditor Pendahulu

Apa saja tanggung jawab auditor pendahulu dan auditor pengganti ?


Tanggung Jawab Auditor Pengganti

Tanggung jawab auditor pengganti adalah harus melakukan hubungan komunikasi dengan auditor yang digantikannya, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan perusahaan yang akan diperiksanya, sehingga dari hasil informasi tersebut auditor pengganti dapat menentukan apakah ia akan menerima penugasan tersebut atau tidak.

Inisiatif untuk melakukan komunikasi ini terletak pada auditor pengganti. Komunikasi bisa tertulis atau lisan. Auditor pendahulu dan auditor pengganti harus tetap menjaga informasi rahasia yang diperoleh dari satu sama lain.

Auditor pengganti harus membuat pertanyaan spesifik dari auditor pendahulu mengenai hal-hal yang akan membantunya dalam menentukan apakah dia akan menerima tugas audit pada perusahaan tersebut atau tidak.

Tanggung Jawab Auditor Pendahulu

Sedangkan tanggung jawab dari auditor yang digantikan adalah berkewajiban untuk memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan yang diajukan kepadanya.

Tujuan dari komunikasi auditor pengganti dengan auditor pendahulu adalah untuk membantu auditor menentukan apakah suatu perusahaan harus terlibat dengan klien baru (auditor baru). Komunikasi ini akan menginformasikan auditor tentang sejarah klien dengan auditor sebelumnya dan mungkin mengekspos beberapa informasi yang cukup rahasia.

Auditor pendahulu harus merespon pertanyaan auditor pengganti dengan segera dan sepenuhnya atas dasar fakta yang diketahui secara wajar. Auditor pendahulu juga bisa memutuskan untuk menjawab pertanyaan secara terbatas misalnya karena kondisi yang tidak biasa, mengancam, atau potensi litigasi; proses disipliner; atau kondisi yang tidak biasa lainnya. Auditor pendahulu juga berhak untuk tidak merespon sepenuhnya, namun harus dengan jelas menyatakan alasan yang masuk akal. Jika auditor pengganti menerima respon yang terbatas, implikasinya harus dipertimbangkan dalam memutuskan apakah akan menerima tugas audit pada perusahaan tersebut atau tidak.