SYARAT PEMBUKUAN AKUNTANSI PAJAK

Materi akuntansi perpajakan ini akan membahas pembukuan akuntansi perpajakan & syarat-syarat pembukuan atau pencatatan dalam pajak.

Syarat Pembukuan Akuntansi Pajak

Apa saja syarat penyelenggaraan pembukuan atau pencatatan dalam pajak ?

Ketentuan perpajakan sebenarnya tidak mengatur bentuk atau tata cara pembukuan yang harus dilakukan oleh wajib pajak. Yang ditekankan dalam ketentuan perpajakan itu adalah pembukuan atau pencatatan harus diselenggarakan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  • Pembukuan diselenggarakan dengan memperhatikan itikad baik dan mencerminkan keadaan atau kegiatan usaha yang sebenarnya.
  • Pembukuan sekurang-kurangnya terdiri dari catatan secara teratur tentang keadaan uang dan bank, daftar utang-piutang, dan daftar persediaan.
  • Pada setiap tahun pajak berakhir, wajib pajak harus menutup pembukuannya dengan membuat neraca dan perhitungan ru-gi-laba berdasarkan prinsip pembukuan yang taat asas (konsisten) dengan tahun sebelumnya.
  • Pembukuan atau pencatatan harus diselenggarakan di Indonesia.
  • Pembukuan menggunakan huruf Latin, angka Arab, satuan mata uang rupiah dan disusun dalamBahasa Indonesia atau bahasa asing yang diizinkan oleh Menteri Keuangan.
  • Pembukuan atau pencatatan, dokumen yang menjadi dasarnya, serta dokumen lain yang berhubungan dengan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari wajib pajak harus disimpan selama sepuluh tahun.

Dari ketentuan di atas terlihat bahwa wajib pajak diberikan keleluasaan untuk mengatur pembukuan dalam akuntansi perpajakannya. Pembukuan dapat diselenggarakan, misalnya, berdasarkan prinsip-prinsip Akuntansi Indonesia yang disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia. Namun, perlu dicatat bahwa penghitungan pajak yang terutang tidak menganut prinsip itu.

Sekalipun demikian, lebih baik jika perusahaan menyelenggarakan pembukuan atau akuntansi berdasarkan prinsip itu. Dalam rangka pertanggungjawaban perpajakan, pembukuan berdasarkan prinsip akuntansi hanya tinggal melakukan koreksi sesuai dengan peraturan perpajakan.

Nah semoga kamu bisa mengerti ya tentang syarat pembukuan akuntansi pajak ya teman !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *