PERBEDAAN DISCLAIMER OPINION DAN ADVERSE OPINION

Seperti kita ketahui bahwa tujuan audit laporan keuangan adalah untuk memberikan opini terhadap tingkat kelayakan laporan keuangan yang disajikan oleh pihak perusahaan. Disclaimer opinion dan adverse opinion merupakan salah satu contoh opini tersebut. Lalu apa sih perbedaan antara adverse opinion dengan disclaimer of opinion ?


Perbedaan Disclaimer Opinion dan Adverse Opinion

Apa perbedaan antara disclaimer dan adverse opinion ?


Pengertian adverse opinion (pendapat tidak setuju) adalah pendapat yang diberikan akuntan dimana dia merasa yakin bahwa laporan keuangan klien secara keseluruhan benar-benar TIDAK LAYAK.

Pengertian disclaimer opinion adalah penolakan untuk memberikan pendapat yang disebabkan oleh PEMBATASAN atas luasnya pemeriksaan yang akan ditempuh oleh akuntan, misalnya perkiraan piutang yang tidak boleh diperiksa merupakan salah satu aktiva yang cukup besar, sehingga bukan saja perkiraan piutang yang diragukan kewajarannya, melainkan seluruh neraca diragukan kelayakannya, karena akuntan harus menolak memberikan pendapat atas neraca, dan atau beberapa perkiraan tertenu, misalnya menunggu keputusan pengadilan mengenai pembayaran suatu klaim dsb.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pernyataan tidak memberikan pendapat (disclaimer opinion) disebabkan karena adanya KERAGUAN di pihak akuntan mengenai kelayakan ikhtisar keuangan secara keseluruhan. Sedangkan dalam hal pemberian pendapat tidak setuju (adverse opinion) akuntan mempunyai keyakinan TANPA KERAGUAN bahwa ikhtisar keuangan secara keseluruhan dianggap tidak layak.

Nah sekarang pasti kamu sudah mengerti akan perbedaan disclaimer opinion dan adverse opinion bukan ?