PERBEDAAN CURRENT OPERATING CONCEPT OF INCOME DAN ALL INCLUSIVE CONCEPT OF INCOME

Dibawah ini akan dijelaskan perbedaan current operating concept of income dengan all inclusive concept of income.

Pengertian Current Operating Concept of Income

Apa definisi current operating concept of income ?

Current Opperating Concept of Income memberikan penekanan kepada istilah ’’current” dan ’’operating”. Pengertian istilah pertama, yaitu current operating concept of income menyatakan bahwa income hanya akan mencerminkan perubahan-perubahan nilai dan peristiwa-peristiwa yang dapat dikendalikan oleh manajemen dalam current period (periode berjalan).

Sedangkan pada pengertian istilah kedua, yaitu”operating” mempunyai pengertian bahwa perubahan-perubahan yang dianggap relevan hanyalah perubahan yang berasal dari normal operations, dan perubahan yang tidak berasal dari normal operations tidak dimasukkan ke dalam laba. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa konsep ini difokuskan/dititikberatkan kepada pengukuran efisiensi daripada perusahaan. Efisiensi itu sendiri berhubungan dengan pemakaian sumber-sumber perusahaan dengan efektif dalam menjalankan perusahaan untuk mencari laba.

Beberapa alasan yang mendukung konsep ini yaitu :

  • Konsep ini dapat memberikan ukuran mengenai current operating performance.
  • Konsep ini menyajikan income yang lebih bermanfaat bagi perbandingan suatu perusahaan dari tahun ke tahun dan perbandingan antar perusahaan.

Net income yang dihasilkan dari konsep current operating memungkinkan untuk dilakukannya suatu perbandingan inter period (dalam satu perusahaan) dan inter firm (dalam periode yang sama).

Pengertian All Inclusive Concept of Income

Apa pengertian konsep all inclusive concept of income ?

All Inclusive Concept of Income adalah konsep dalam menentukan hal-hal apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam income, yaitu mencakup segala perubahan dalam kepemilikan (proprietorship) kecuali mengenai pembagian dividen dan capital transactions. Di sini berarti bahwa, dalam pelaporan income elemen-elemen yang biasa terjadi dan yang tidak biasa terjadi dimasukkan.

Beberapa alasan yang mendukung konsep All Inclusive Concept of Income antara lain :

  • Income Statement akan lebih mudah dibuat dan dimengerti karena tidak terpengaruh oleh pendapat pribadi para akuntan dan manajemen.
  • Net Income dilaporkan setiap tahun di suatu perusahaan seharusnya sama dengan net income secara keseluruhan (total net income) untuk perusahaan tersebut.
  • Dengan adanya full disclosure dari para pembaca dengan mudah dapat melakukan klasifikasi yang mereka kendalikan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.
  • Dengan dikeluarkannya beberapa pos debet dan kredit maka peluang untuk melakukan ’’smoothing of annual earnings” akan menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa perbedaan current operating concept of income dan all inclusive concept of income. Semoga bisa dimengerti. Baca juga pengertian konservatif dalam akuntansi & pengertian konsistensi dalam teori akuntansi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *