PERBEDAAN AUDIT COMPLIANCE DAN AUDIT OPERASIONAL

Secara garis besar jenis audit dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis audit yang terdiri dari, audit laporan keuangan, Compliance audit dan Operational audit. Seperti kita ketahui bahwa pengertian audit laporan keuangan adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk menentukan apakah laporan-laporan keuangan secara menyeluruh disajikan sesuai dengan kriteria-kriteria khusus yang ditetapkan Prinsip-prinsip Akuntansi Berlaku Umum (PABU). Lalu apa sih perbedaan compliance audit dan operational audit ?


Perbedaan Audit Compliance dan Audit Operasional


Pengertian compliance audit adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk menentukan apakah pihak yang diperiksa tersebut mematuhi prosedur-prosedur tertentu/ khusus atau peraturan-peraturan khusus yang di tetapkan oleh suatu otoritas yang lebih tinggi. Compliance ini seringkali dikenal dengan istilah audit kepatuhan yang mengukur sejauh mana tingkat kepatuhan entitas terhadapt peraturan yang ditetapkan dalam suatu perusahaan.

Pengertian operational audit adalah suatu penelitian atas suatu bagian prosedur-prosedur dan metode-metode operasi perusahaan untuk tujuan menilai efisiensi dan efektivitasnya, biasanya hasil dari pemeriksaan operational berupa rekomendasi untuk memperbaiki operasi perusahaan.

Jadi sudahlah sangat jelas sekali bahwa fokus compliance audit adalah mengukur sejauh mana prosedur dan peraturan sudah benar-benar diterapkan dalam bisnis sementara fokus audit operasional mengukur sejauh mana aktivitas operasi perusahaan sudah dijalankan, apakah sudah efektif dan efisien atau belum.


Oke sudah jelas ya perbedaan audit compliance dan audit operasional ! Untuk detailnya kamu juga bisa baca jenis-jenis audit dan pengertiannya :)