PERBEDAAN AKUNTANSI DAN PEMBUKUAN

Belajar Akuntansi Online kali ini akan menjelaskan tentang perbedaan akuntansi dan pembukuan beserta contohnya (perbedaan akuntansi dan tata buku) & hubungan akuntansi dengan pembukuan.


Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Apa persamaan dan perbedaan akuntansi dan pembukuan ?


Banyak sekali orang awam yang menyandingkan akuntansi dengan pembukuan, mereka pikir akuntansi sama dengan pembukuan, padahal sebenarnya berbeda. Walaupun berbeda namun ada hubungan antara akuntansi dan pembukuan dimana langkah awal dalam memulai kegiatan akuntansi adalah kegiatan pembukuan. Selain itu, akuntansi dan pembukuan sama-sama bersumber pada data informasi keuangan suatu perusahaan.

Pembukuan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari akuntansi. Pembukuan bertindak sebagai landasan dasar proses akuntansi dan jika pembukuan dilakukan dengan benar, maka seharusnya akuntansi Itu akan menjadi sempurna dan sebaliknya.

Lalu apa bedanya pembukuan dan akuntansi ? Perbedaan pembukuan dan akuntansi sebenarnya dapat dengan mudah kita pahami lewat pengertiannya masing-masing.

Pengertian pembukuan adalah proses pencatatan lengkap dan sistematis dari berbagai transaksi moneter suatu organisasi. Pembukuan adalah kegiatan menjaga dokumentasi setiap transaksi keuangan entitas untuk membentuk suatu acuan dasar proses akuntansi.

Tujuan pembukuan adalah untuk mengungkapkan gambaran yang benar mengenai pendapatan dan pengeluaran pada akhir periode akuntansi. Tugas pembukuan dilakukan oleh pemegang buku (bookkeeper) yang bertanggung jawab untuk mencatat transaksi bisnis sehari-hari seperti keluar masuknya kas, barang yang dibeli dan dijual secara kredit, biaya yang timbul dsb secara teratur kemudian mempostingnya ke dalam buku besar yang bersangkutan, dan setelah itu menyiapkan neraca saldo (trial balance).

Perlu digarisbawahi bahwa ruang lingkup akuntansi lebih besar daripada pembukuan. Contoh kegiatan pembukuan antara lain :

  • Menerbitkan faktur kepada pelanggan
  • Mencatat faktur dari supplier
  • Mencatat perubahan dalam persediaan
  • Mencatat penerimaan kas dari pelanggan
  • Membayar supplier
  • Memproses transaksi kas kecil (petty cash)
  • Memproses gaji / payroll

Sedangkan pengertian akuntansi sudah pernah dijelaskan sebelumnya (baca >> perbedaan akuntansi dengan auditing) dimana akuntansi hanyalah sebuah bahasa bisnis yang menyediakan informasi tentang status keuangan organisasi yang dimulai dari pencatatan transaksi dan berakhir pada pelaporan laporan keuangan pada akhir tahun keuangan.

Dalam akuntansi, transaksi moneter dari suatu organisasi secara sistematis akan dicatat dan dikelompokkan, kemudian diringkas dan disajikan kepada pengguna laporan keuangan. Contoh kegiatan akunatansi antara lain :

  • Membuat daftar akun
  • Menyiapkan Buku Besar
  • Merancang laporan keuangan
  • Menerbitkan laporan manajemen yang disesuaikan dengan isu-isu yang spesifik
  • Membuat anggaran dan membandingkannya dengan hasil sebenarnya
  • Membuat laporan pajak dsb

Untuk lebih memahami perbedaan akuntansi dan pembukuan, ada baiknya kamu lihat tabel di bawah ini :


Tabel : Perbedaan akuntansi dengan pembukuan


Kriteria Pembukuan Akuntansi
Arti Pembukuan adalah kegiatan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara sistematis. Akuntansi adalah pencatatan secara teratur dan pelaporan informasi keuangan suatu organisasi untuk jangka waktu tertentu.
Cakupan Pembukuan adalah bagian dari akuntansi. Akuntansi lebih luas daripada pembukuan
Pengambilan Keputusan Suatu keputusan tidak dapat diambil jika hanya berpatok pada catatan pembukuan. Pengambilan keputusan bisa dilakukan berdasarkan catatan akuntansi
Alat bantu Jurnal dan buku besar Neraca, Laporan Laba Rugi dan Laporan Arus Kas
Metode Sistem pembukuan single entry dan double entry Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sumber Daya Manusia, Akuntansi Social Responsibility.
Penentuan Posisi Keuangan Pembukuan sama sekali tidak mencerminkan posisi keuangan suatu organisasi. Akuntansi menunjukkan posisi keuangan entitas secara jelas
Pekerja Tugas pembukuan cenderung sedikit memerlukan pengetahuan. Lulusan SMP ataupun SMA bisa melakukannnya. Tugas akuntansi memerlukan pengetahuan analitis sehingga pengetahuan mendalam di bidang ini sangat diperlukan (minimal lulusan S1)

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan akuntansi dan pembukuan serta contohnya. Semoga bermanfaat :)