PERBEDAAN AKUNTANSI DAN AUDITING

Artikel akuntansi kali ini akan menjelaskan perbedaan akuntansi dengan auditing dan menjelaskan hubungan akuntansi dengan auditing.


Perbedaan Akuntansi dan Auditing

Apa perbedaan akuntansi dengan auditing (perbedaan auditing dan accounting) ?


Mungkin sebagian dari kamu ada yang bingung tentang apa sih sebenarnya perbedaan antara akuntansi dan auditing ? Perbedaan antara auditing dan akuntansi sebenarnya dapat dengan mudah kita pahami melalui pengertiannya masing-masing.

Pengertian akuntansi adalah kegiatan pencatatan dan persiapan serta penyajian laporan keuangan, Sementara pengertian audit adalah kegiatan verifikasi dan evaluasi laporan keuangan.

Fungsi utama dari akuntansi adalah untuk memberikan informasi yang material, terutama yang bersifat keuangan untuk pengambilan keputusan. Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pajak, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sumber Daya Manusia, Akuntansi Tanggung Jawab Sosial adalah bidang-bidang dalam akuntansi. Adapun tujuan utama dari akuntansi adalah sebagai berikut :

  • Mencatat dan menyimpan berbagai transaksi harian melalui jurnal, buku besar, neraca saldo dsb
  • Menyediakan informasi tentang posisi profitabilitas
  • Menunjukkan posisi keuangan entitas melalui neraca (Balance Sheet)
  • Menyediakan informasi yang diperlukan tentang solvabilitas dan posisi likuiditas kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Sedangkan tujuan auditing adalah untuk memberikan opini (salah satu) yaitu :

  • Unqualified
  • Qualified
  • Adverse
  • Disclaimer

Auditing dapat dilakukan internal ataupun eksternal. Tugas audit internal dilakukan oleh internal auditor yang ditunjuk oleh pihak manajemen suatu organisasi untuk meningkatkan sistem internal kontrol maupun sistem informasi akuntansi. Sedangkan auditor eksternal ditunjuk oleh pemegang saham perusahaan. Laporan auditor akan dilaporkan kepada para pengguna laporan keuangan seperti kreditor, pemegang saham, investor, pemasok, debitur, pelanggan, pemerintah dll untuk pengambilan keputusan yang rasional.

Apa hubungan akuntansi dengan auditing ?

Persaman akuntansi dan auditing adalah sama-sama pekerjaan yang harus ADA dan harus DILAKUKAN dalam sebuah perusahaan terutama perusahaan terbuka (PT). Akuntansi dan Audit sama-sama mempunyai bidang khusus masing-masing, akan tetapi ruang lingkup audit adalah lebih luas daripada akuntansi karena membutuhkan pemahaman menyeluruh dari berbagai tindakan, peraturan pajak, pengetahuan tentang standar akuntansi dan standar audit serta memerlukan keterampilan komunikasi.

Berikut ini adalah perbedaan auditing dengan akuntansi dilihat dari kriteria yang digunakan :


Tabel : perbedaan auditing dan akuntansi

Kriteria Akuntansi Auditing
Arti Pencatatan secara sistematis dari rekening suatu organisasi dan penyusunan laporan keuangan pada akhir tahun. Pemeriksaan atas pembukuan dan laporan keuangan suatu organisasi.
Peraturan Mengikuti aturan Accounting Standards Mengikuti aturan Standards on Auditing
Pekerjaan Dilakukan oleh Akuntan Auditor
Tujuan Untuk memperlihatkan kinerja, profitabilitas dan posisi keuangan pada suatu organisasi. Untuk mengungkapkan fakta sejauh mana kelayakan laporan keuangan suatu organisasi dengan memberikan gambaran yang benar dan adil.
Dimulainya Akuntansi dimulai ketika pembukuan berakhir. Auding dimulai ketika akuntansi berakhir
Jangka Waktu Akuntansi adalah sebuah proses yang terus menerus dan berkelanjutan yaitu mencatat berbagai transaksi sehari-hari Auditing adalah sebuah proses periodik (secara berkala tidak dilakukan setiap hari)

Perbedaan akuntansi dan auditing menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

  • Akuntansi adalah pekerjaan yang sifatnya rutin adan TERATUR dalam memelihara catatan transaksi moneter dan menyusun laporan keuangan perusahaan. Sedangkan audit merupakan pekerjaan yang bersifat ANALITIS dan memerlukan penilaian yang INDEPENDEN dalam mengevaluasi informasi keuangan.
  • Akuntansi diatur oleh Standar Akuntansi, sedangkan auditing diatur oleh Standar Audit.
  • Akuntansi adalah tugas yang SEDERHANA (simple), yang dilakukan oleh Akuntan, sedangkan auditing adalah tugas yang KOMPLEKS.
  • Tujuan utama dari akuntansi adalah untuk mengungkapkan posisi profitabilitas, posisi keuangan dan kinerja organisasi. Sebaliknya, auditing bertujuan untuk memeriksa kebenaran dari laporan keuangan dan memberikan opini audit.
  • Akuntansi merupakan kegiatan yang berkelanjutan, sedangkan auditing merupakan kegiatan yang dilakuakan secara berkala (periodik).
  • Akhir akuntansi adalah awal dari auditing.
  • Akuntansi dilakukan oleh akuntan yang merupakan staf dari suatu organisasi dan digaji oleh perusahaan tersebut, sedangkan auditing dilakukan oleh auditor yang merupakan orang independen yang ditunjuk untuk jangka waktu tertentu dan mendapat sejumlah imbalan /remunerasi (bukan gaji).
  • Seorang akuntan bertanggung jawab kepada pihak manajemen sedangkan auditor bertanggung jawab kepada pemilik atau pemegang saham.

Itulah beberapa contoh perbedaan akuntansi dan auditing. Semoga kamu semakin paham akan perbedaan antara akuntansi dengan auditing ya teman :)