PENGERTIAN TRADEMARK DAN CONTOHNYA

Pengertian Trademark Dan Contohnya

Apa itu trademark ? Apa yang dimaksud dengan merek (trademark) ?

Definisi trademark :

Trade Mark adalah sebagian dari brand yang dinyatakan dalam bentuk simbol atau logo, desain, warna atau huruf tertentu yang dapat memberikan pemiliknya hak-hak hukum untuk mencegah penggunaan yang tidak sah atas merek dagang tersebut. Trademark disimbolkan dengan ™.

Pendek kata, pengertian trade mark adalah merek yang berupa simbol, kata, frase, logo, atau gabungan dari semuanya yang secara hukum membedakan produk suatu perusahaan dengan produk perusahaan lainnya. Hak merek dagang biasanya berlaku selama 7 sampai 20 tahun serta bisa diperpanjang. Setiap pelanggaran merek dagang (trademark) akan masuk ke ranah hukum dan bisa diseret ke meja hijau. Contoh trademark Nike : Jika ada produk yang membuat logo yang mirip dengan Nike yang berbentuk contreng maka pelakunya bisa dituntut pihak Nike.

Kita dapat mencari contoh-contoh simbol atau logo yang merupakan trade mark produk tertentu di berbagai toko ataupun tempat-tempat lain. Misalnya saja T Shirt merek Hammer menggunakan logo palu, Hany and Robert menggunakan logo huruf H&R, Garuda Indonesian Airways berlogo burung garuda dan sebagainya. Trade mark atau merek dagang adalah merek yang dilindungi undang-undang apabila sudah didaftarkan pada pemerintah, dan perusahaan yang sudah mendaftarkan trademark akan mempunyai hak tunggal untuk menggunakannya.

Sebagai contoh : Pada kemasan produk sering dijumpai kata “TRADE MARK” pada merek atau bagian tertentu dari kemasan, sering pula diberi simbol ® relatif kecil pada kemasan di mana huruf ® itu adalah kependekan dari Registered (sudah terdaftar).

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian trademark dan contohnya. Baca juga manfaat merek bagi produsen dan konsumen :)