PENGERTIAN SUPPLIES DALAM AKUNTANSI


Pengertian Supplies Dalam Akuntansi

Apa arti supplies dalam akuntansi ? Apa definisi perlengkapan dalam akuntansi ?


Pengertian supplies dalam akuntansi adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan yang bersifat habis dipakai ataupun bisa dipakai berulang-ulang yang bentuknya relatif kecil dan pada umumnya bertujuan untuk melengkapi kebutuhan bisnis perusahaan.  Perlengkapan (supplies) bisa menjadi salah satu biaya perusahaan yang besar (tergantung pada jenis usaha). Setidaknya ada dua jenis perlengkapan yang bisa dibebankan yaitu : Factory supplies dan Office supplies.

Contoh perlengkapan kantor seperti meja, kursi, steples, cap, lemari, filing cabinet, etalase, lemari arsip, kotak sampah, pena, pensil dan sebagainya. Sedangkan contoh perlengkapan manufaktur (pabrik) adalah perlengkapan kebersihan & perawatan, pelumas mesin, kain lap, bahan pelarut dsb.

Pengertian perlengkapan menurut para ahli :

Pengertian perlengkapan (supplies) adalah suatu aktiva perusahaan yang tujuannnya adalah untuk dipakai dalam kegiatan operasi bisnis sehari-hari. Pada umumnya supplies ini bersifat habis pakai yaitu hanya bisa digunakan dalam waktu singkat atau sekali saja dengan nilai satuan yang relatif kecil. (Halim, 2004:54)

Pengertian supplies adalah alat, perkakas dan barang lainnya yang ada pada suatu perusahaan, pekerjaan dsb (KBBI, 2008:814)

Pengertian supplies menurut para ahli merumuskan bahwa supplies adalah barang-barang konsumsi umum yang memiliki masa hidup yang LEBIH PENDEK dari peralatan dan mesin, yang digunakan secara berkala di perusahaan untuk membantu dalam operasi perusahaan sehari-hari.

Nilai dari perlengkapan ini juga meliputi harga perlengkapan itu sendiri, ditambah semua biaya yang harus ditanggung perusahaan dalam rangka memiliki (membeli) perlengkapan tersebut, dan semua biaya yang harus ditanggung perusahaan untuk membuat agar perlengkapan tersebut dapat dipergunakan sebagai sarana usaha perusahaan. Jadi nilai perlengkapan ini antara lain meliputi harga perlengkapan itu sendiri, biaya pengiriman, biaya pemasangan, biaya perbaikan apabila perlengkapan tersebut dibeli dalam keadaan rusak, dan sebagainya.


Nah semoga kamu bisa mengerti akan apa yang dimaksud dengan supplies ya teman ! Baca juga perbedaan peralatan dan perlengkapan dalam akuntansi :)