PENGERTIAN STOCK RIGHT


Pengertian Stock Right

Apa yang dimaksud dengan stock right ? Arti stock right itu sebenarnya apa sih ?


Definisi stock right menurut para ahli :

  • Stock right adalah suatu surat yang memberikan hak untuk membeli saham-saham baru yang dikeluarkan oleh sesuatu perusahaan.
  • Stock right adalah hak bagi pemegang saham perusahaan untuk membeli sejumlah saham yang cukup guna mempertahankan persentase kepemilikan mereka secara keseluruhan (dalam hal kepemilikan saham baru).
  • Pengertian stock right adalah kemampuan untuk membeli saham pada harga tertentu melalui tanggal tertentu. Stock right seringkali disebut dengan stock option atau opsi saham.
  • Definisi stock right adalah keistimewaan untuk memberikan pemegang saham hak pertama dalam membeli saham pada penawaran saham baru, dengan demikian hal tersebut akan mempertahankan kepemilikan proporsional mereka, Stock right sering juga disebut dengan hak memesan efek terlebih dahulu / preemptive right.

Terkadang jika suatu perusahaan akan mengadakan tambahan (emisi) saham baru yang beredar, maka terlebih dahulu mereka mengeluarkan suatu stock right yang memberikan hak kepada pemilik surat tersebut untuk membeli saham baru itu. Biasanya, mula-mula Stock Right diberikan kepada para pemegang saham yang lama, sehingga mereka mempunyai kesempatan paling pertama untuk membeli saham-saham baru yang akan dikeluarkan.

Bilamana para pemegang saham lama tersebut menggunakan stock right-nya untuk membeli saham baru, maka saham baru yang dijual berdasarkan stock right itu akan dinamakan saham yang dijual secara right-on.

Akan tetapi bilamana sampai pada saat yang ditentukan ada di antara pemegang saham lama yang tidak menggunakan stock rightnya untuk membeli saham baru, maka saham baru tersebut akan dijual kepada pihak lain, di luar para pemegang saham lama. Saham baru yang dijual kepada pihak lain itu dinamakan saham ex-right, sebab penjualannya terjadi di pasar bebas, tanpa menggunakan stock right.

Biasanya harga pembelian saham baru dengan menggunakan stock right lebih rendah jika dibandingkan dengan harga pembelian saham baru tanpa menggunakan stock right. Oleh sebab itulah maka stock right ini mempunyai nilai (harga) dan dapat diperjualbelikan.


Sekarang pasti kamu sudah memahami maksud dan pengertian dari stock right bukan ? :)