PENGERTIAN PRODUK INTI DAN CONTOHNYA

Pengertian Produk Inti dan Contohnya

Apa itu core product ?  Apa yang dimaksud dengan produk inti ? Contoh produk inti itu seperti apa ?

Definisi produk inti :

Produk inti adalah manfaat utama dari produk yang membuatnya berguna untuk dibeli. Dengan kata lain, pengertian produk inti adalah manfaat inti yang ditampilkan oleh suatu produk kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan serta keinginannya.

Produk inti (core product) bukanlah produk fisik yang nyata dan kita tidak dapat menyentuhnya. Hal ini dikarenakan produk inti adalah MANFAAT INTI dari produk yang membuatnya berharga untuk dibeli. Contoh mobil, manfaatnya (produk inti) adalah kenyamanan berupa kemudahan untuk pergi kemanapun kita mau. Produk inti dari mobil lainnya adalah kecepatan, karena kita bisa melakukan perjalanan kemanapun dengan cepat.

Contoh lain dari produk inti (core product) diantaranya :

  • Surat kabar yang terdiri dari beberapa lembar kertas dengan tulisan yang memiliki berbagai macam bentuk huruf-huruf, gambar-gambar dan sebagainya. Apakah produk inti atau core product dari surat kabar itu berupa kertas dengan tulisan serta gambar itu? Surat kabar memiliki produk inti berupa informasi atau berita yang aktual.
  • Pena memiliki produk inti yang berupa kemampuannya untuk digunakan sebagai alat tulis.
  • Produk inti beras berupa bahan makanan pokok sehari-hari.
  • Sebuah Universitas diharapkan oleh konsumennya untuk memberikan ilmu pengetahuan serta gelar kesarjanaan yang didambakannya.
  • Contoh lain lagi seorang gadis yang membeli bedak merek tertentu misalnya, maka sebenarnya gadis tersebut membeli sesuatu manfaat yang diharapkannya dari bedak tersebut yaitu harapan agar dia dapat kelihatan lebih cantik atau kecantikannya semakin bertambah.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa masing-masing produk memiliki produk inti atau manfaat inti sendiri-sendiri dan produk inti ini yang dibeli bukanlah seperangkat atribut kimiawi dan fisik belaka yang terkandung dalam produk tersebut, akan tetapi titik beratnya adalah pada manfaat produk yang ingin dimiliki oleh konsumen.

Semoga kamu bisa memahami pengertian produk inti dan contohnya. Lihat juga pendekatan kesenjangan perencanaan (planning gap) :)