PENGERTIAN PIUTANG WESEL DALAM AKUNTANSI

Pengertian Piutang Wesel Dalam Akuntansi

Apa itu piutang wesel ? Apa yang dimaksud dengan piutang wesel ?

Bahasa inggris piutang wesel adalah notes receivable. Seringkali juga dikenal dengan sebutan promissory notes receivable. Sedangkan di Indonesia istilah notes receivable sering diartikan sebagai piutang wesel atau wesel tagih. Pada intinya, semua sebutan tersebut mempunyai arti yang sama.

Pengertian piutang wesel dan contohnya :

Piutang wesel adalah aset (bagi pemegangnya) yang mempunyai hak untuk menerima sejumlah nilai pokok uang cash yang terkandung di dalam surat perjanjian piutang yang sudah dituliskan di surat promes. Surat promes atau lebih dikenal dengan surat wesel adalah surat yang berisikan perjanjian tertulis dalam jual beli barang dan jasa secara kredit dimana pembeli menyatakan akan memenuhi kesanggupannya dalam membayar sejumlah uang dengan nilai tertentu dan pada tanggal tertentu dimasa depan.

Nilai pokok yang akan diterima dalam waktu satu tahun dari tanggal neracaakan  dilaporkan sebagai aset lancar / aktiva lancar. Sedangkan pituang wesel yang tidak jatuh tempo dalam satu tahun dari tanggal neraca akan dilaporkan sebagai aset jangka panjang (investment).

Dengan demikian, pengertian piutang wesel dalam akuntansi adalah adalah janji tertulis untuk menerima sejumlah uang tunai dalam nominal tertentu dari pihak lain pada satu tanggal atau lebih di masa depan dan akan diperlakukan sebagai aset oleh pemegangnya.

Apakah perbedaan antara piutang dagang dengan piutang wesel ?

Piutang wesel hampir sama seperti piutang dagang biasa (account receivable), yang membedakan hanyalah perjanjiannya saja, dimana pada piutang wesel ada perjanjian-perjanjian tertentu yang tertulis di dalam surat promes dan biasanya menggunakan jaminan dan terkadang menggunakan bunga. Selain itu piutang wesel sifatnya bisa dipindahtangankan kepada pihak lain seperti bank sebelum piutang tersebut jatuh tempo.

Bagaimana perlakuan akuntansi untuk piutang wesel ?

Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan sepatu Nike meminjamkan salah satu suppliernya $ 50.000 dan supplier tersebut menandatangani janji tertulis untuk membayar jumlah tersebut, maka perusahaan Nike akan masukkan jumlah $ 50.000 ke dalam akun “Notes Receivable”. Sedangkan supplier akan masukkan jumlah $ 50.000 ke dalam akun “Notes Payable”.

Apa yang dimaksud piutang wesel berbunga ?

Piutang wesel berbunga adalah piutang wesel yang disertai dengan tingkat bunga tertentu, atau tingkat yang terkait dengan suku bunga yang lain, seperti suku bunga bank. Perhitungan bunga yang pada piutang wesel dicatat adalah sebagai berikut :

Interest earned = Principal x Interest rate x Time period

Itulah penjelasan singkat mengenai piutang wesel dalam akuntansi. Semoga kamu bisa memahami apa perbedaan antara piutang dagang dengan piutang wesel.