PENGERTIAN PERSEDIAAN MENURUT PARA AHLI


Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan persediaan ? Apa pengertian persediaan dalam akuntansi ?


Definisi persediaan menurut para ahli :

Arti persediaan dalam akuntansi adalah barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan, baik itu berupa usaha retail ataupun grosir, dan barang-barang ini telah dibeli untuk dimiliki serta dalam kondisi siap dijual. Sedangkan untuk perusahaan manufaktur, persediaan dibagi ke dalam 3 kategori yaitu raw material, work in process dan finished good (Skousen & Stice, 2004:654)

Pengertian persediaan dalam akuntansi adalah aset yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal, dalam proses produksi, dan atau dalam perjalanan atau dalam bentuk bahan atau perlengkapan (supplies) untuk digunakan dalam proses produksi atau pemberian jasa (pengertian persediaan menurut psak no 14 tahun 2007 )

Definisi persediaan adalah barang-barang yang dimiliki atau disimpan di perusahaan yang terdiri dari produk jadi, produk dalam proses, bahan baku, bahan penolong, bahan habis pakai, suku cadang, dsb yang dimaksudkan untuk dijual kembali (pengertian persediaan menurut Mulyadi, 2001:553)

Pengertian persediaan barang dagang akuntansi adalah semua jenis barang yang dimiliki ataupun disimpan untuk dijual lagi oleh perusahaan bersangkutan (Sarwoko, 1999:27).

Pengertian persediaan adalah aktiva yang dimaksudkan untuk dijual dalam kegiatan usaha normal serta sangat menentukan dalam kelancaran operasi perusahaan. Persediaan merupakan jenis aktiva lancar yang kuantitasnya cukup besar dalam suatu perusahaan dagang dan manufaktur. (Sartono, 2001:443).

Pengertian persediaan bahan baku dalam akuntansi adalah sejumlah bahan yang berguna untuk memudahkan proses produksi dan berguna untuk memuaskan permintaan customer (pelanggan) (Roger G. Schoeder, 2000:304)

Persediaan adalah suatu aset lancar yang dimiliki perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode waktu tertentu, atau persediaan barang-barang tersebut masih dalam pengerjaan atau proses (work in progress), ataupun persediaan bahan baku (raw material) yang masih menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi (Freddy Rangkuti, 2002:1)

Pengertian persediaan adalah kekayaan lancar yang dimiliki perusahaan baik itu berbentuk persediaan bahan mentah atau bahan baku (raw material), barang setengah jadi (work in process) dan barang jadi atau produk akhir (finished goods) (Suyadi Prawirosentono, 2000:61)

Definisi persediaan dalam akuntansi adalah suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan yang tujuannya adalah untuk dijual dalam satu periode usaha yang normal atau bisa berbentuk persediaan barang baku / barang mentah yang penggunaannya masih mengantri dalam suatu proses produksi. (Sofjan Assauri, 2004:169)


Itulah beberapa contoh pengertian persediaan menurut para ahli. Semoga bisa menambah referensi kamu ya :)