PENGERTIAN PERENCANAAN MANAJEMEN

Pengertian Perencanaan Manajemen

Apa pengertian perencanaan dalam manajemen ? Apa yang dimaksud dengan perencanaan manajemen ?

Perencanaan adalah penentuan tujuan pokok (tujuan utama) organisasi beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Pendek kata pengertian perencanaan manajemen adalah serangkaian penetapan tujuan yang akan dicapai dan  pemilihan usaha-usaha mana saja yang dapat dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan merupakan langkah yang penting dalam keseluruhan proses manajemen agar faktor produksi yang biasanya sangat terbatas dapat diarahkan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Perencanaan manajemen juga merupakan tugas penting dari organisasi karena hal ini berkaitan dengan masa depan manajemen dan masa depan perusahaan. Masa depan adalah akibat dari keadaan masa lampau, keadaan sekarang dan disertai usaha-usaha kita untuk mengarahkannya. Jikalau kita tidak menciptakan dan mempengaruhi masa depan, maka masa depan itu hanyalah akibat masa lampau dan sekarang saja. Dengan demikian, landasan dasar setiap perencanaan adalah kemampuan manusia untuk secara sadar memilih alternatif masa depan yang dikehendakinya dan kemudian mengarahkan daya upayanya, untuk mewujudkan masa depan yang dipilih itu.

Pengertian perencanaan manajemen menurut para ahli lainnya yaitu :

  • Pengertian perencanaan manajemen adalah proses perumusan satu atau lebih rencana untuk mencapai titik keseimbangan yang optimal antara kebutuhan (tuntutan) dengan sumber daya yang tersedia. Proses perencanaan manajemen meliputi : (1) mengidentifikasi tujuan atau sasaran yang ingin dicapai, (2) merumuskan strategi untuk mencapainya, (3) mengatur atau menciptakan sarana yang diperlukan, dan (4) menerapkan, mengarahkan, dan memantau (memonitor) semua langkah supaya tetap berada di jalur yang tepat.
  • Definisi perencanaan manajemen adalah proses mengukur seberapa jauh tujuan organisasi dan membuat tujuan tersebut menjadi nyata melalui serangkaian tindakan yang tepat dan relevan dengan mempertimbangkan strategi jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.
  • Arti perencanaan manajemen adalah proses menciptakan prosedur, aturan dan pedoman untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat tujuan yang luas ataupun lewat pernyataan visi dan misi perusahaan. Perencanaan tersebut dilakukan baik di tingkat makro ataupun mikro.
  • Perencanaan manajemen adalah perencanaan untuk mengurangi risiko ketidakpastian dengan mempersiapkan apa yang organisasi ingin capai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut di masa depan. Perencanaan selalu dilakukan untuk masa depan dan masa depan adalah hal yang tidak pasti. Dengan bantuan perencanaan manajemen, kemungkinan perubahan di masa yang akan datang dapat diantisipasi dengan cara yang terbaik. Dengan cara ini, risiko ketidakpastian masa depan dapat diminimalkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa pengertian perencanaan manajemen. Semoga artikel perencanaan manajemen ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga manfaat perencanaan dan pengendalian produksi & pengertian controlling dalam manajemen :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *