PENGERTIAN OPERATING EXPENSE DAN CONTOHNYA


Pengertian Operating Expense

Apa itu operating expense ? Operating expense artinya apa sih ?


Operating expenses adalah biaya yang menjadi beban tanggungan perusahaan, yang ada hubungannya secara langsung dengan usaha (operasi) pokok perusahaan tersebut. Jadi dengan demikian operating expenses dari perusahaan perdagangan hasil bumi, adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan usaha jual-beli hasil bumi tersebut. Sedangkan operating Expenses dari perusahaan produsen tekstil adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan usaha memproduksi tekstil tersebut. Bahasa Indonesia dari operating expense adalah biaya operasional.


Contoh Operating Expenses

Jelaskan apa saja yang termasuk operating expense !


Operating expense terdiri dari :


Cost of Goods Sold

Pengertian cost of good sold adalah beban biaya yang berupa harga pembelian barang dagangan yang dijual (bagi perusahaan perdagangan) atau beban biaya produksi dari barang hasil produksi yang dijual (bagi perusahaan industri).

Pembelian barang dagangan bagi perusahaan dagang dapat dibedakan atas :

  • Gross Purchases (Pembelian Bruto), yaitu semua pembelian barang dagangan, sebelum dikurangi dengan berbagai potongan atau pengurangan-pengurangan lainnya.
  • Net Purchases (Pembelian Netto), yaitu pembelian bersih barang dagangan yang sudah diperhitungkan (ditambahkan) ongkos angkut, dan sudah diperhitungkan (dikurangkan) pula berbagai potongan serta pengurangan-pengurangan lainnya.

Biaya produksi dari perusahaan industri dapat dibedakan atas :

  • Direct Materials Used (Bahan Mentah yang digunakan), yaitu bahan mentah yang digunakan dalam proses produksi.
  • Direct Labour (Upah Buruh Langsung), yaitu upah yang dibayarkan kepada para buruh (pekerja) yang langsung mengerjakan atau menjalankan proses produksi.
  • Factory Overhead (Beaya Tak Langsung Pabrik), yaitu semua beaya yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi, tetapi beaya tersebut terjadi di dalam lingkungan pabrik (tempat berlangsungnya proses produksi).

General and Administration Expenses

Biaya ini merupakan jenis biaya dari kantor administrasi perusahaan dan biaya-biaya lain yang sifatnya untuk kepentingan perusahaan secara keseluruhan. Contoh operating expenses yang termasuk ke dalam kelompok ini yaitu :

  • Office Salaries (Gaji Karyawan Kantor), yaitu gaji yang dibayarkan kepada para karyawan di kantor administrasi.
  • Office Maintenance (Biaya Pemeliharaan Kantor), yaitu biaya untuk pemeliharaan ruangan dan peralatan kantor.
  • Office Heat and Light (Biaya Listrik dan Gas Kantor), yaitu biaya listrik dan gas untuk keperluan kantor administrasi.
  • Office Insurance (Assuransi Gedung dan Peralatan Kantor), yaitu biaya asuransi terhadap bangunan maupun peralatan-peralatan kantor administrasi
  • Depreciation of Office Furniture and Fixture (Penghapusan Peralatan Kantor), yaitu penghapusan terhadap peralatan-peralatan di kantor administrasi.
  • Depreciation of Office Buildings (Penghapusan Gedung Kantor), yaitu penghapusan terhadap bangunan (gedung) kantor administrasi.
  • Office Supplies, yaitu biaya untuk keperluan-keperluan kecil di kantor administrasi, seperti misalnya kertas, karbon, lem, tinta, materai, perangko dan sebagainya.

Selling Expenses

Pengertian selling expense adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan kegiatan penjualan yang dijalankan perusahaan. Contoh operating expense yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain :

  • Store Salaries (Gaji Karyawan Penjualan), yaitu gaji yang dibayarkan kepada para karyawan di Bagian Penjualan.
  • Store Maintenance (Beaya Pemeliharaan Bagian Penjualan), yaitu biaya untuk pemeliharaan ruangan dan peralatan Bagian Penjualan.
  • Depreciation of Store Furniture and Fixture (Penghapusan Peralatan Bagian Penjualan), yaitu penghapusan terhadap peralatan-peralatan yang dipergunakan di Bagian Penjualan.
  • Depreciation of Store Buildings (Penghapusan Gedung Bagian Penjualan), yaitu penghapusan terhadap bangunan (gedung) dari Bagian Penjualan.
  • Store Supplies, yaitu biaya untuk keperluan-keperluan kecil di Bagian Penjualan, seperti misalnya kertas, lem, plastik pembungkus, tinta dan sebagainya.
  • Store Heat and Light (Biaya Listrik dan Gas Bagian Penjualan), yaitu biaya listrik dan gas untuk keperluan Bagian Penjualan.
  • Store Insurance (Asuransi Gedung, Peralatan dan Barang Dagangan), yaitu biaya asuransi terhadap bangunan, peralatan maupun barang-barang dagangan yang berada di Bagian Penjualan.
  • Advertising (Biaya iklan), yaitu biaya untuk pemasangan iklan guna meningkatkan jumlah penjualan.
  • Delivery Expenses (Biaya pengiriman), yaitu biaya untuk mengantarkan barang-barang yang terjual ke rumah pembelinya.

Sales Discount

Sales Discount adalah potongan yang diberikan perusahaan kepada pihak pembeli, karena melakukan pembelian barang-barang dengan pembayaran tunai.


Sales Allowance

Sales Allowance adalah tambahan barang (ekstra) yang diberikan kepada pihak pembeli, karena dalam pembelian barang-barang dengan pembayaran tunai, atau karena pihak pembeli telah melakukan pembelian dalam jumlah (partai) besar.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian operating expense dan beberapa contoh operating expenses. Baca juga pengertian biaya non operasional dan contohnya :)