PENGERTIAN NON OPERATING EXPENSES DAN CONTOHNYA


Pengertian Non Operating Expenses

Apa yang dimaksud dengan non operating expense ?


Non Operating Expenses adalah biaya yang menjadi beban tanggungan perusahaan, yang tidak ada hubungannya secara langsung dengan usaha (operasi) pokok perusahaan tersebut. Jadi dengan demikian, non operating expenses bagi perusahaan perdagangan hasil bumi, adalah semua biaya yang ditanggung perusahaan, tetapi di luar usaha jual-beli hasil bumi tersebut. Sedangkan non operating expenses perusahaan produsen tekstil, adalah semua biaya yang ditanggung perusahaan, di luar usaha produksi tekstil itu.


Contoh Non Operating Expenses

Apa saja macam-macam biaya non operasional / jenis biaya non operasional ?


Contoh biaya non operasional yaitu :

  • Interest Expenses (Biaya Bunga), adalah bunga yang merupakan beban kewajiban perusahaan, yang dibayarkan kepada pihak lain atas jasanya meminjamkan uang kepada perusahaan.
  • Rent Expenses (Biaya Sewa), yaitu sewa yang merupakan beban kewajiban perusahaan, yang dibayarkan kepada pihak lain atas jasanya meminjamkan sesuatu hartanya kepada perusahaan.
  • Loss (Rugi) yang ditanggung perusahaan, karena perusahaan menjual harta (assets) selain barang-barang yang merupakan obyek usaha pokoknya. Misalnya rugi yang diderita dari penjualan Marketable Securities, rugi dari penjualan Office Furniture and Fixture, rugi penjualan Machinery, rugi penjualan Delivery Equipment dan sebagainya.

Itulah penjelasan singkat mengenai biaya non operasional dan contohnya. Baca juga pengertian biaya operasional dan contohnya :)