PENGERTIAN NON MONETARY ASSET

Pengertian Non Monetary Asset

  • Apa pengertian aset moneter dan nonmoneter ?
  • Apa perbedaan monetary asset dan non monetary asset ?

Non monetary asset adalah aset yang harganya dalam satuan uang (rupiah) yang nilainya dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kesepakatan mengenai daya beli uang yang ingin dipertahankan. Dengan kata lain, pengertian non monetary asset adalah jenis aset yang tidak memiliki nilai tunai tukar tetap, tapi yang nilainya tergantung pada kondisi ekonomi. Contoh aset non moneter yaitu persediaan, bahan baku, properti, pabrik, tanah dan peralatan-peralatan lainnya.

Sedangkan pengertian monetary asset adalah aset yang nilainya cenderung tetap apabila dikonversi menjadi kas / uang tunai. Dengan demikian, 1 juta uang cash saat ini nilainya akan sama pada 1 tahun ke depan. Contoh monetary asset adalah kas, piutang, wesel tagih dan investasi.

Karakteristik non monetary assets adalah sebagai berikut :

  • Non monetary assets dianggap sebagai assets. Salah satu ciri / karakteristik dari pada assets adalah adanya suatu klaims atau tuntutan-tuntutan yang dapat dipaksakan berdasarkan kekuatan hukum. Nilai dari aset non moneter pada dasarnya diukur dalam satuan uang (di Indonesia rupiah).
  • Dapat berubah-ubah. Berbeda dengan monetary assets, klaim dari non monetary assets dapat berubah-ubah dari waktu kewaktu, sedangkan pada aset moneter tuntutannya cenderung untuk tetap meskipun harganya akan berubah-ubah.
  • Perubahannya sesuai dengan kesepakatan mengenai daya beli uang. Perubahan dari klaim atau tuntutan yang terjadi pada non monetary assets sesuai dengan perubahan daya beli uang itu sendiri.

Semoga kamu bisa memahami pengertian non monetary asset (aset non moneter) ini ya teman. Baca juga pengertian aset dalam akuntansi & pengertian aktiva tetap menurut pajak :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *