PENGERTIAN MATERIALITAS DALAM TEORI AKUNTANSI

Materi teori akuntansi kali ini akan menjelaskan tentang pengertian materialitas (arti materialitas dalam akuntansi).

Pengertian Materialitas Dalam Teori Akuntansi

Apa pengertian materialitas dalam laporan keuangan & dalam teori akuntansi ?

Pengertian materialitas menurut para ahli :

  • Pengertian materialitas adalah kadar atau ambang batas atas hilangnya informasi keuangan atau ketidakbenaran informasi dalam laporan keuangan, yang mana informasi tersebut dianggap akan memiliki dampak yang cukup besar bagi para pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan. Hal ini berarti bahwa semua informasi dapat dikatakan material apabila informasi yang disajikan tersebut sangat penting dan mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan pemakai.
  • Materialitas adalah ukuran seberapa besar jenis informasi tertentu dapat mempengaruhi para penggunanya dalam mengambil keputusan. Dengan kata lain, semua informasi harus disajikan apabila informasi tersebut bisa membantu memprediksikan jenis informasi yang diperlukan dalam proses pembuatan keputusan atau yang secara langsung dapat membuat keputusan.
  • Definisi materialitas adalah ambang atau titik cut off dimana informasi keuangan menjadi relevan untuk pengambilan keputusan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu informasi yang terkandung dalam laporan keuangan harus lengkap. Informasi akan dianggap material apabila jika informasi tersebut dihilangkan atau ada kesalahan maka informasi tersebut akan mempengaruhi para penggunanya untuk mengambil keputusan.

Kelemahan konsep materialitas adalah tidak adanya suatu patokan yang pasti untuk mengukur tingkat materialitas. Hal ini dikarenakan pengukuran tersebut semata-mata didasarkan kepada judgement profesional.

Ada 2 masalah yang harus dipecahkan mengenai materialitas yaitu :

1. Patokan dasar/dasar pembanding yang dibutuhkan.

Hal ini disebabkan oleh karena materialitas itu sendiri bersifat relatif dan bukannya merupakan suatu hal yang pasti atau absolut. Selain itu ukuran kuantitatif materiality tidak sama untuk semua pos.

2. Signifikansi dari pembanding.

Dalam menentukan suatu informasi yang material perlu mempertimbangkan tingkat pengaruh dari pembanding itu sendiri. Selain itu ukuran materialitas bersifat relatif dan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian materialitas dalam teori akuntansi. Semoga artikel pengertian materialitas ini bisa bermanfaat bai teman-teman semua ! Baca juga pengertian dan manfaat teori akuntansi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *