PENGERTIAN MARKETABLE SECURITIES DALAM AKUNTANSI

Artikel penjelasan marketable securities dalam akuntansi kali ini akan mengupas tentang apa itu marketable securities & contoh marketable securities.


Pengertian Surat Berharga (Marketable Securities)

Apa yang dimaksud dengan marketable securities apa ? Apa arti marketable securities ?


Definisi marketable securities :

Pengertian marketable securities adalah surat-surat berharga (saham dan obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan lain) yang dimiliki oleh sesuatu perusahaan dengan tujuan untuk tidak dimiliki untuk jangka panjang, melainkan akan dijual lagi dalam waktu yang tidak terlalu lama, dan biasanya dengan mengingat tinggi rendahnya harga kurs, yaitu nilai surat berharga tersebut di pasar.

Dengan demikian tujuan perusahaan memiliki surat-surat tersebut bukannya untuk dimiliki dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), melainkan dalam jangka pendek. Oleh sebab itu Marketable Securities termasuk kelompok Current Assets.

Jika perusahaan memiliki saham dari perusahaan lain, berarti perusahaan ikut serta menjadi pemilik perusahaan lain tersebut. Penghasilan (revenues) yang diperoleh dari saham itu berupa bagian laba, yang sering disebut dividend. Oleh karenanya, jika perusahaan lain itu memperoleh laba yang besar, maka kemungkinan jumlah dividend yang akan diterima juga besar. Sebaliknya jika perusahaan tersebut hanya mampu memperoleh laba yang kecil, maka dividend yang mungkin diterima juga kecil. Bahkan kalau perusahaan lain tersebut tidak memperoleh laba, maka dividend juga tidak akan dibagikan.

Jika perusahaan memiliki obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan lain, berarti perusahaan memberikan pinjaman kepada perusahaan lain tersebut, sebesar jumlah nominal obligasi itu, yaitu jumlah rupiah yang tercantum dalam surat obligasi tersebut.

Piutang itu akan dilunasi di kemudian hari (dalam jangka waktu panjang) jika sudah sampai pada hari jatuh temponya (maturity). Penghasilan (revenue) yang akan diperoleh dari obligasi, adalah berupa bunga (interest) yang akan diterima dalam jumlah tertentu (biasanya berbentuk prosentage) pada waktu-waktu tertentu pula, misalnya setahun 2 (dua) kali. Bilamana bunga obligasi dicantumkan dalam bentuk prosentage, maka bunga tersebut dihitung berdasarkan prosentage dari nilai nominal.


Semoga penjelasan singkat mengenai pengertian marketable securities dalam akuntansi ini bisa menambah referensi teman-teman semua :)