PENGERTIAN LIKUIDITAS BANK MENURUT PARA AHLI

Pengertian Likuiditas Bank

Apa yang dimaksud dengan likuiditas bank ? Apa itu likuiditas bank ?

Pengertian likuiditas bank menurut para ahli :

  • Oliver G. Wood dan Robert J. Porter memberikan pengertian likuiditas bank dalam bukunya Analysis of Bank Financial statements yaitu sebagai berikut : Bank’s liquidity is its ability to meet deposit withdrawal, maturing it’s liabilities and loan requests without delay. Dengan kata lain, pengertian likuiditas bank adalah kemampuan bank untuk memenuhi berbagai macam kewajiban jangka pendek (hutang) yang jatuh tempo dengan segera mungkin.
  • Likuiditas bank adalah kemampuan bank untuk memenuhi kewajiban keuangan perusahaan yang akan jatuh tempo.Dalam mengatur likuiditas bank ini biasanya bank-bank tidak akan bebas mengatur kebijaksanaannya karena adanya berbagai kendala antara lain munculnya dilema antara likuiditas dengan profitabilitas, semakin tinggi likuiditas maka akan banyak idle fund dan profitabilitas menjadi rendah dan sebaliknya.
  • Definisi likuiditas bank adalah kemampuan bank untuk membayar segala jenis hutang (liabilities), khususnya hutang jangka pendek. Likuiditas bank bisa ditingkatkan dengan cara memperbanyak cash ataupun meningkatkan portofolio liabilities.
  • Arti likuiditas bank adalah ukuran kemampuan bank untuk mengkonversi aset ke uang tunai. Aset yang likuid adalah aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan cepat. Aset yang likuid diperlukan untuk memenuhi kewajiban keuangan perbankan. Contoh aset likuid mencakup kas, cadangan bank sentral, dan utang pemerintah. Agar bank tidak bankrut maka, bank haruslah memiliki aset likuid yang cukup untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, seperti penarikan uang oleh para nasabahnya.

Ada 2 pendekatan yang dapat dipakai untuk pengukuran besarnya likuiditas bank yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Informasi likuiditas bank atas pendekatan kuantitatif di sini tentu akan lebih relevan jika dibandingkan dengan bentuk likuiditas dari hasil pendekatan kualitatif.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dakan pengukuran likuiditas secara kuantitatif yaitu :

  • Langkah pertama, klasifikasi rekening-rekening, hutang dan rekening modal bank apakah “reliable” ataukah “volatile”
  • Langkah kedua, klasifikasi rekening-rekening harta (assets) apakah likuid atau tidak likuid.
  • Langkah ketiga, lakukan perbandingan masing-masing komponen yang ada pada langkah pertama dan kedua antara satu sama lainnya.

Nah itulah beberapa pengertian likuiditas bank menurut para ahli. Semoga bisa dimengerti ! Baca juga pengertian laba sebelum pajak menurut para ahli :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *