PENGERTIAN LAPPING DAN KITING DALAM AUDIT

Pengertian Lapping dan Kiting Dalam Audit

Pengertian lapping dalam auditing ? Apa pengertian kiting dalam audit ?


Lapping adalah suatu jenis penggelapan yang dilakukan dengan cara penundaan pembukuan atas penagihan rekening tagihan untuk menyembunyikan adanya kekurangan uang tunai.

Auditor dapat mengungkapkan jenis penggelapan ini dengan cara membandingkan nama, jumlah, dan tanggal yang tercantum dalam tembusan advice penyetoran dengan transaksi penerimaan tunai dalam jurnal penerimaan yang berkaitan dengan slip penyetoran. Oleh karena prosedur pengungkapan lapping tersebut akan memakan banyak waktu, maka pemeriksa harus melakukan prosedur tersebut apabila keadaan menunjukkan adanya kecenderungan terjadi penggelapan sebagai akibat dari sistem yang lemah.

Kiting adalah penyalahgunaan penerimaan kas yang dilakukan secara sengaja untuk sementara waktu ataupun untuk jangka waktu yang lama / permanen. Dalam prakteknya, kiting digunakan untuk menyembunyikan defisit ataupun menggelapkan alur aliran arus kas seperti melakukan transfer uang dari satu pihak ke pihak lain. Contoh kiting : penarikan dana di satu bank, yang akan disimpan di bank lain, kemudian ditarik lagi dan akan disimpan di bank ketiga dan seterusnya.