PENGERTIAN LABA SEBELUM PAJAK MENURUT PARA AHLI

Pengertian Laba Sebelum Pajak

Apa itu laba sebelum pajak? Apa yang dimaksud laba sebelum pajak ?

Pengertian laba sebelum pajak menurut para ahli :

Laba sebelum pajak adalah laba bersih yang belum dikurangi dengan beban / biaya pajak. Bahasa inggris laba sebelum pajak adalah Earning Before Taxes (EBT). Laba sebelum pajak memberikan informasi analisis investasi yang berguna untuk mengevaluasi kinerja operasi perusahaan tanpa memperhatikan pengaruh pajak. Dengan menghapus faktor pajak, tentunya EBT akan lebih berfokus kepada analisis profitabilitas operasi sebagai ukuran tunggal kinerja perusahaan. Analisis semacam ini sangat penting untuk membandingkan perusahaan sejenis di satu industri.

Definisi laba sebelum pajak adalah pengukuran laba operasi dan laba non-operasi perusahaan sebelum mempertimbangkan besarnya jumlah biaya pajak yang harus dibayarkan .

Laba sebelum pajak adalah sejumlah uang yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan sebelum dikurangi sejumlah uang yang harus dibayar sebagai pajak. Laba sebelum pajak menghitung perbandingan keuntungan operasi dan non-operasi perusahaan.

Contoh sederhana perhitungan laba sebelum pajak bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Sales Revenue 200 juta
Expenses 130 juta
Earnings Before Taxes 70 juta
Income Tax expense 30 juta
Net Income 40 juta

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian laba sebelum pajak. Semoga mengerti ya ! Baca juga pengertian akuntansi perpajakan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *