PENGERTIAN KONVERSI SAHAM DAN OBLIGASI KONVERSI


Pengertian Konversi Saham

Apa yang dimaksud dengan konversi saham ? Apa arti konversi saham (Stock Conversion) ?


Konversi saham adalah perubahan suatu jenis saham menjadi jenis saham yang lain. Biasanya jenis saham yang dapat dirubah tersebut adalah Preferred Stock (Saham Preferen) yang memang khusus diberi keistimewaan untuk conversion tersebut (disebut Convertible Preferred Stock).

Jika konversi saham preferen ke saham biasa dilakukan, maka jumlah yang dikonversikan tersebut dihapuskan (dikeluarkan) dari catatan perkiraan Preferred Stock sebesar nilai nominalnya, serta dikeluarkan pula dari catatan perkiraan Premium atau Discountnya. Sebaliknya sebagai gantinya, dimasukkan ke dalam perkiraan Common Stock sejumlah nilai nominal penggantinya.

Jika nilai nominal Common Stock tersebut lebih besar daripada nilai Preferred Stock yang dikonversikan beserta premium atau discountnya, maka selisihnya dianggap sebagai suatu kerugian, dan dicatat dalam perkiraan Retained Earning. Dan jika nilai nominal Common Stock tersebut lebih kecil daripada nilai Preferred Stock yang dikonversikan beserta premium atau discountnya, maka selisihnya tidak dianggap sebagai suatu keuntungan (laba), melainkan dianggap sebagai penambah Owner’s Equity, dan dicatat dalam perkiraan Paid in Capital.


Pengertian Obligasi Konversi

Apa itu obligasi konversi (Bond Conversion) ? Bagaimana akuntansi untuk konversi obligasi ?


Obligasi konversi adalah perubahan suatu Bond Payable menjadi saham (stock) dari perusahaan yang bersangkutan. Bond Payable yang dapat dirubah menjadi saham semacam ini sering dinamakan sebagai Convertible Bond Payable.

Jika konversi obligasi menjadi saham dilakukan, maka jumlah yang dikonversikan tersebut dihapuskan (dikeluarkan) dari catatan perkiraan Bond Payable sebesar nilai nominalnya, serta dikeluarkan pula dari catatan perkiraan premium atau Discountnya. Sebaliknya sebagai gantinya, dimasukkan ke dalam perkiraan Capital Stock sejumlah nilai nominal, dan ke daiam perkiraan Premium atau Discountnya (berdasar harga pasarnya).

Dalam perhitungan obligasi konversi, jika nilai Capital Stock beserta Premium atau discountnya tersebut lebih besar daripada nilai Bond Payable yang dikonversikan beserta premium atau discountnya, maka selisihnya dianggap sebagai suatu kerugian, dan dicatat dalam perkiraan Loss on Bond Conversion. Dan jika nilai Capital Stock beserta premium atau discountnya tersebut lebih kecil daripada nilai Bond Payable yang dikonversikan beserta premium atau discountnya, maka selisihnya dianggap sebagai keuntungan (laba) dan dicatat dalam perkiraan Projit on Bond Conversion.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian konversi saham dan akuntansi obligasi konversi. Semoga bisa dimengerti :)