PENGERTIAN JOB ORDER COSTING DAN PROCESS COSTING

Materi akuntansi manajemen kali ini akan menjelaskan pengertian job order costing dengan process costing & perbedaan antara job order costing dan process costing.

Pengertian Job Order Costing dan Process Costing

Apa perbedaan job order costing dan process costing ?

Tipe sistem penentuan harga pokok yang digunakan untuk mengukur harga pokok satuan akan sangat tergantung pada jenis proses produksi yang bersangkutan. Pada dasarnya ada dua sistem penentuan harga pokok yang timbul dalam menanggapi variasi bagaimana proses produksi dapat dijalankan. Dua sistem ini umumnya dikenal sebagai penentuan harga pokok proses (process costing) dan penentuan harga pokok pesanan (job order costing).

Tanpa memperhatikan apakah berkaitan dengan penentuan harga pokok proses ataukah berkaitan dengan penentuan harga pokok pesanan, masalah penentuan harga pokok satuan memerlukan perata-rataan. Perbedaan antara job order costing dengan process costing adalah cara melakukan perata-rataan tersebut.

Untuk lebih memahami akan perbedaan antara job order costing dengan process costing ada baiknya kamu memahami pengertian process costing dan job order costing di bawah ini.

Pengertian Process Costing

Apa yang dimaksud dengan process costing ? Apa pengertian dan contoh process costing ?

Process costing adalah penentuan harga pokok yang digunakan dalam situasi dimana produksi hanya melibatkan SATU produk tunggal saja dan dibuat dalam suatu jangka waktu yang lama secara sekaligus. Beberapa contoh industri yang akan menggunakan penentuan harga pokok proses (process costing) ini meliputi perusahaan manufaktur semen, tepung, bensin dan perusahaan yang menghasilkan bahan baku lainnya. Karakteristik industri ini pada dasarnya menghasilkan produk homogen yang mengalir secara merata melalui proses produksi secara terus menerus.

Pendek kata, metode process costing adalah metode mengumpulkan biaya dalam suatu operasi tertentu atau departemen tertentu selama suatu periode penuh (bulan, kuartal, tahun), dan selanjutnya membagi total ini oleh jumlah satuan yang diproduksi selama periode yang bersangkutan. Rumus process costing ini akan menjadi :

   Total Harga Pokok Produksi
—————————————— = Harga Pokok Satuan Per Gallon, Pound, Botol
Total Satuan Yang Diproduksi

Oleh karena satu satuan produk (gallon, pound, dan botol) sama sekali tidak dapat dibedakan dari satuan produk yang lain, maka setiap satuan produk menanggung harga pokok rata-rata yang sama seperti satuan produk lain yang diproduksi selama periode. Teknik penentuan harga pokok ini menghasilkan suatu harga pokok satuan rata-rata yang berlaku bagi beribu-ribu satuan produk sejenis yang mengalir menurut suatu aliran yang hampir tidak berkesudahan pada lini perakitan atau lini pengolahan.

Pengertian Job Order Costing

Apa yang dimaksud dengan job order costing ? Apa pengertian dan contoh job order cost method ?

Job order costing adalah penentuan harga pokok yang digunakan pada situasi dimana produksi menghasilkan berbagai produk BERBEDA, pesanan berbeda, atau kumpulan produksi yang berbeda setiap periode. Beberapa contoh industri yang menggunakan metode job order costing meliputi pencetakan pesanan khusus, manufaktur mebel, dan manufaktur alat mesin.

Tipe industri ini memerlukan suatu sistem penentuan harga pokok yang dapat membebankan biaya secara TERPISAH ke masing-masing pesanan independen (seperti suatu pesanan pencetakan khusus) atau kumpulan barang (seperti suatu produksi sepuluh mesin khusus), dan yang dapat menentukan harga pokok satuan yang berbeda untuk masing-masing satuan produksi yang diproduksi secara terpisah. Sistem penentuan harga pokok pesanan akan menimbulkan masalah pencatatan dan alokasi harga pokok yang tidak ada dalam metode process costing.

Pendek kata, metode job order costing adalah metode perhitungan dimana total harga pokok produksi tak dibagi oleh beribu-ribu satuan produk yang sejenis tetapi membagi total harga pokok produksi oleh satuan produk dalam jumlah sedikit dan pada dasarnya merupakan satuan produk yang tidak sejenis.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian job order costing dan process costing. Semoga kamu bisa memahami perbedaan karakteristik job order costing dengan process costing ya. Baca juga pengertian biaya kesempatan dan contohnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *