PENGERTIAN INVESTMENT IN FUND


Pengertian Investment In Fund

Apa yang dimaksud dengan investment in funds ?


Investment in Fund adalah pembentukan dana yang berupa pemisahan uang Cash untuk sesuatu tujuan penggunaan khusus di masa yang akan datang. Funds semacam ini dapat termasuk kelompok Current Assets, yaitu bilamana dana (cadangan) tersebut akan dipergunakan dalam jangka pendek dengan segera sesuai dengan tujuan pembentukannya. Misalnya pembentukan Petty Cash, pembentukan Interest Funds (dana untuk pembayaran bunga), pembentukan Dividend Funds (dana untuk pembayaran dividend) dan sebagainya.

Di samping itu ada pula jenis Funds yang termasuk dalam kelompok Fixed Assets, yakni bilamana rencana penggunaan dana tersebut masih cukup lama (lebih dari satu tahun). Yang termasuk ke dalam jenis ini misalnya Bond Retirement Funds (dana untuk menarik kembali atau membeli kembaii utang obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan), Preferred Stock Redemption Funds (dana untuk membeli kembali saham preferensi yang dikeluarkan oleh perusahaan), Pension Funds (dana pensiun bagi para karyawan) dan sebagainya.

Pada waktu diadakan pemisahan sebagian uang Cash untuk membentuk dana, maka hal ini akan dibukukan ke dalam perkiraan Funds yang bersangkutan, sesuai dengan tujuan penggunaan dana tersebut.

Dengan sendirinya dana itu tidak harus selamanya tetap berwujud uang Cash saja, akan tetapi uang tersebut dapat dimanfaatkan untuk sesuatu usaha atas nama perkiraan Funds yang bersangkutan, sehingga diharapkan nantinya dana tersebut dapat bertambah besar.

Metode pencatatan Investment in Funds untuk tujuan jangka panjang dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu :

  • Pembukuan Funds beserta pemanfaatannya tidak dipisahkan dari pembukuan transaksi-transaksi perusahaan yang lainnya. Dengan demikian perusahaan hanya mempunyai satu buku yang mencatat semua transaksi-transaksi, termasuk transaksi yang berhubungan dengan Funds beserta pemanfaatannya tersebut.
  • Pembukuan Funds beserta pemanfaatannya dipisahkan dari pembukuan transaksi-transaksi perusahaan yang lainnya. Dengan demikian perusahaan mempunyai dua buku. Buku pertama untuk mencatat transaksi-transaksi kegiatan utama perusahaan, sedangkan buku kedua khusus untuk mencatat transaksi-transaksi yang berhubungan dengan Funds beserta pemanfaatannya tersebut.

Semoga kalian semakin paham akan pengertian investment in fund ya teman :)