PENGERTIAN INVESTMENT IN BOND


Pengertian Investment In Bond

Apa yang dimaksud dengan investment in bond ? Apa arti investment in bond ?


Investment in Bond adalah penanaman modal ke dalam bentuk pembelian obligasi-obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan lain, untuk dimiliki dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), misalnya agar memperoleh penghasilan yang teratur (tetap, kontinyu) dari waktu ke waktu, di samping penghasilan yang diperoleh dari usaha pokok sendiri.

Dengan memiliki obligasi, maka perusahaan akan selalu memperoleh penghasilan yang stabil berupa bunga dalam jumlah tertentu (biasanya dalam bentuk persentase) pada waktu-waktu tertentu pula.

Pada prinsipnya pembukuan pembelian Investment in Bond sama dengan pembukuan Marketable Securities yang berupa obligasi. Hanya bedanya, jika Marketable Securities menggunakan perkiraan ’’Marketable Securities”, maka dalam Investment ini digunakan perkiraan ’’Investment in Bond”.

Dengan demikian maka pembelian obligasi untuk investasi jangka panjang akan dibukukan di sebelah debit ke dalam perkiraan Investment in Bond, sebesar harga kurs ditambah dengan biaya-biaya yang dikeluarkan, yang berhubungan dengan transaksi pembelian tersebut (biasanya biaya provisi dan materai)..

Sebagai suatu investasi jangka panjang, umur penanaman modal dalam bentuk obligasi ini dibatasi oleh tanggal jatuh tempo dari obligasi yang bersangkutan. Pada tanggal jatuh tempo tersebut pemegang obligasi akan memperoleh kembali investasinya sebesar nilai nominal dari obligasi itu.

Akibatnya akan timbul kemungkinan terjadi ketidak-samaan antara jumlah yang dibayarkan pada waktu membeli obligasi, dengan jumlah yang diterima kembali pada tanggal jatuh tempo tersebut. Hal ini disebabkan karena pembelian obligasi diperhitungkan sebesar harga kurs sesudah ditambah dengan biaya-biaya yang berhubungan dengan transaksi pembelian tersebut, sedangkan penerimaan kembali investasi pada tanggal jatuh tempo diperhitungkan sebesar nilai nominalnya. Oleh sebab itu dikenallah apa yang dinamakan dengan Discount on Bond dan Premium on Bond.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian investment in bond. Semoga bermanfaat :)