PENGERTIAN INTERNAL AUDIT MENURUT PARA AHLI

Pengertian Internal Audit Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan internal audit ? Apa yang dilakukan internal audit ?


Pengertian internal audit menurut IIA – Institute of Internal Auditor :

Internal audit adalah kegiatan penjaminan dan konsultasi yang independen. Tujuannya adalah untuk menambah nilai perusahaan dan meningkatkan operasi organisasi melalui pendekatan yang  sistematis dan disiplin. Kegiatan ini pada umumnya berupa pengevaluasian kinerja bisnis untuk meningkatkan efektivitas dan keefisienan perusahaan.

Pengertian internal audit menurut American Accounting Association :

Definisi internal audit adalah serangkaian proses pemeriksaan yang sistematis untuk mendapatkan asersi dari aktivitas ekonomi. Pemeriksaan, pemantauan dan analisis kegiatan internal audit berkaitan dengan operasi perusahaan, termasuk struktur bisnis, perilaku karyawan dan sistem informasi. Audit internal dirancang untuk meninjau apa yang perusahaan lakukan dalam rangka mengidentifikasi potensi ancaman terhadap kelangsungan bisnis dan profitabilitas organisasi, serta berfungsi untuk membuat saran dalam mengurangi risiko (dan meminimalkan biaya) terkait dengan ancaman tersebut.

Pengertian internal audit menurut Lawrence Sawyer :

Pengertian internal Audit adalah suatu penilaian bentuk entitas bisnis ataupun organisasi kemudian mengeavaluasi kinerja dan aktivitas entitas bisnis tersebut untuk mengukur apakah sudah mencapai suatu aktivitas yang efektif dan efisien.

Pengertian internal audit menurut Mulyadi :

Internal Audit adalah auditor yang bekerja pada suatu perusahaan untuk mengevaluasi apakah prosedur serta kebijakan yang dibuat oleh pihak manajemen / entitas perusahan sudah benar-bener diterapkan (audit compliance) dan mengukur apakah aktivitas kegiatan operasi perusahaan sudah benar-benar efektif dan efesien. Kemudian laporannya berupa saran-saran akan dilaporkan kepada pihak manajemen.

Pengertian audit internal menurut Sukrisno Agoes :

Arti audit internal adalah audit yang dilakukan secara terus menerus oleh perusahaan sendiri untuk memantau hasil operasi, memverifikasi catatan keuangan, mengevaluasi pengendalian internal, membantu dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi serta untuk mendeteksi penipuan.

Pengertian audit internal menurut Hiro Tugiman :

Audit internal adalah sebuah inisiatif organisasi untuk memantau dan menganalisis operasi bisnis sendiri untuk menentukan seberapa baik sesuai dengan seperangkat kriteria tertentu.