PENGERTIAN INCREMENTAL COST

Pengertian Incremental Cost

Apa yang dimaksud dengan incremental cost ? Apa itu incremental cost ?

Arti dari incremental cost / definisi incremental cost :

  • Pengertian incremental cost adalah sejumlah biaya tambahan yang mungkin terjadi jika perusahaan mengambil suatu tindakan tertentu. Dengan kata lain, jika perusahaan memutuskan untuk mengambil tindakan pada sebuah proyek baru (pembuatan produk baru), maka akan muncul sejumlah biaya ekstra atau biaya tambahan karena proyek baru tersebut. Manajemen harus melihat biaya-biaya tambahan tersebut dan membandingkannya dengan pendapatan tambahan yang dihasilkan sebelum memutuskan untuk mulai memproduksi produk baru. Incremental cost seringkali dikenal dengan sebutan differential cost atau marginal cost.
  • Incremental cost adalah tambahan biaya yang dihasilkan dari peningkatan produksi atau kegiatan lainnya. Contoh biaya incremental cost : Jika biaya total perusahaan meningkat dari 500 juta ke 600 juta sebagai hasil dari meningkatnya jam mesin dari 10.000 ke 15.000 jam, maka biaya tambahan (incremental cost) dari 5.000 jam mesin adalah 100 juta.
  • Incremental cost adalah selisih biaya total yang relevan antara dua alternatif. Dalam pendekatan ini, manajemen berfokus pada bagaimana biaya berubah berdasarkan beberapa alternatif keputusan yang potensial. Pada umumnya, alternatif keputusan ini adalah keputusan untuk ‘membuat atau membeli’. Dengan kata lain incremental cost adalah biaya tambahan yang akan dikenakan jika salah satu alternatif dipilih. Sedangkan perubahan pendapatan dari dua alternatif tersebut disebut dengan incremental revenue.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian incremental cost. Semoga bisa dimengerti. Baca juga pengertian full costing dan variable costing :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *