PENGERTIAN FORECASTING DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL

Apa yang dimaksud dengan forecasting ? Apa pengertian peramalan dalam manajemen operasional ?

Pengertian Forecasting Dalam Manajemen Operasional

Pengertian forecasting adalah suatu perkiraan atau ramalan terhadap apa-apa saja yang mungkin akan terjadi di masa depan. Forecasting dalam manajemen operasional berarti melakukan serangkaian aktivitas perkiraan yang berhubungan dengan peramalan terhadap permintaan (demand forecasting), ramalan terhadap penawaran atau suplai bahan baku, serta ramalan terhadap kemajuan / perkembangan teknologi.

Hasil dari peramalan tersebut di atas tentunya akan sangat mempengaruhi berbagai rencana yang akan kita lakukan. Oleh karena itu, agar semua kegiatan kita dapat serasi dan selaras dengan apa yang akan terjadi terhadap permintaan, terhadap suplai bahan serta terhadap teknologi sebaiknya kita melakukan metode forecasting / peramalan.

Dengan adanya forecasting dalam manajemen operasional, maka kita dapat menyusun rencana-rencana kegiatan untuk melakukan proses produksi sesuai dengan perkembangan situasi di masa depan.

Apabila kegiatan-kegiatan tersebut tidak sesuai dengan situasi masa depan maka dapatlah dibayangkan bahwa dalam waktu dekat perusahaan akan mengalami kerugian-kerugian, atau paling tidak akan terjadi pengurangan keuntungan.

Contoh peramalan dalam manajemen operasional, misalnya saja diramalkan bahwa dalam waktu beberapa tahun atau beberapa bulan akan terjadi peningkatan permintaan barang, sedangkan dalam hal ini kita tidak menaikkan volume produksi, padahal perusahaan-perusahaan lain meningkatkan volume produksinya. Kemudian apabila pada saat tersebut betul terjadi peningkatan permintaan maka tentu saja kita akan tergeser kedudukan di pasar dan berarti kita akan kehilangan market share. Hilangnya market share tersebut akan dapat berakibat menurunnya keuntungan jangka panjang perusahaan. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus menyusun rencana-rencana kegiatan yang disesuaikan dengan ramalan masa depan.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian forecasting dalam akuntansi manajemen. Semoga bermanfaat ! Baca juga tujuan manajemen operasional dalam perusahaan :)