PENGERTIAN DONATION OF TREASURY STOCK


Pengertian Donation of Treasury Stock

Apa yang dimaksud dengan donation of treasury stock ? Apa arti donation of treasury stock ?


Definisi treasury stock :

Donation of Treasury Stock adalah treasury stock yang terjadi bukan disebabkan karena saham yang bersangkutan dibeli kembali oleh perusahaan, melainkan karena pemilik saham yang bersangkutan secara SUKARELA menyerahkan kembali saham tersebut sebagai sumbangan (donation) kepada perusahaan. Oleh perusahaan, treasury stock itu nantinya akan dijual lagi bilamana diperlukan sebagai penambah modal usaha.

Pendek kata, donated treasury stock adalah saham yang diberikan pemegang saham untuk kembali ke perusahaan dengan tanpa adanya suatu kompensasi.

Ada 2 metode pencatatan Donation of Treasury Stock yaitu :

  • Metode yang menganggap bahwa Donation of Treasury Stock bukan sebagai pengurangan nilai saham yang beredar, melainkan hanya menganggap sebagai pengurangan jumlah lembar saham yang beredar saja. Dengan demikian menurut metode ini tidak diperlukan penghapusan (pengeluaran) nilai nominal beserta premium atau discountnya dari catatan. Oleh sebab itu transaksi semacam ini tidak memerlukan sesuatu jurnal apapun, tetapi hanyalah dicatat dalam Memori Pelengkap yang menyatakan bahwa jumlah lembar saham yang beredar telah berkurang sejumlah Donation of Treasury Stock tersebut.
  • Metode yang menganggap bahwa Donation of Treasury Stock sebagai pengurangan nilai saham yang beredar (outstanding), sehingga mengharuskan dihapuskannya (dikeluarkannya) nilai nominal beserta premium atau discountnya dari catatan.