PENGERTIAN DIVIDEN TUNAI MENURUT PARA AHLI


Pengertian Dividen Tunai Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan dividen tunai / dividen kas / cash devidend ?


Pengertian dividen kas menurut para ahli :

Dividen tunai adalah dividen yang dibayar secara tunai (cash) kepada pemegang saham perusahaan. Jumlah dividen tersebut biasanya didasarkan pada tingkat profitabilitas perusahaan. (Campbell R. Harvey)

Dividen tunai adalah bentuk pembayaran dividen yang paling umum yaitu dibayarkan dalam bentuk mata uang (currency), biasanya melalui transfer dana elektronik (transfer bank) ataupun melaui kertas cek (Steven M. Sheffrin:2003)

Pengertian dividen tunai adalah dividen yang dibayar secara tunai (yaitu dengan cek dan lewat transfer rekening) kepada pemegang saham perusahaan. Meskipun pada umumnya jumlah dividen yang dibayarkan didasarkan pada tingkat profitabilitas, namun terkadang jumlah dividen yang dibayarkan juga bisa melebihi jumlah laba bersih. Perlu diketahui bahwa pembatasan hukum dan kontrak tertentu juga dapat membatasi kemampuan perusahaan untuk membayar dividen tunai (Jeffrey S)

Pengertian dividen kas adalah pembayaran tunai oleh perusahaan kepada para pemegang sahamnya (Brealey, Myers, Marcus, 2008:44)

Pengertian cash dividend adalah sebagian keuntungan perusahaan publik yang diperdagangkan atau kendaraan investasi lain yang didistribusikan ke masing-masing pemegang saham dalam bentuk tunai secara proporsional dengan persentase kepemilikan masing-masing pemegang saham. Yang mempengaruhi pembayaran dividen tunai adalah profitabilitas, likuiditas & cash flow, stabilitas dividen & earnings, serta investasi & pembiayaan (Parthington:1989)

Arti dividen tunai adalah distribusi kas kepada pemegang saham. Dividen ini merupakan jenis dividen yang paling umum dan pada saat diumumkan akan menjadi kewajiban bagi perusahaan.  (Wild et.al:2005)

Definisi dividen tunai adalah dividen yang dibayarkan dalam bentuk tunai / kontan. Dividen ini pada umumnya dibagikan secara berkala seperti tahunan atau enam bulanan (interim). Tujuan perusahaan membagikan dividen kas kepada pemegang saham adalah untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dan pemegang saham akan menilai dividen ini sebagai pengembalian investasi atas modal yang telah ia tanamkan pada perusahaan. (Gitman:2009)


Itulah beberapa pengertian dividen tunai menurut para ahli. Semoga bermanfaat :)