PENGERTIAN DIVIDEN LIKUIDASI DAN CONTOHNYA

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian liquidating dividend / definisi liquidating dividend dan contoh dividen likuidasi.


Pengertian Dividen Likuidasi

Apa yang dimaksud dengan dividen likuidasi (Liquidating Dividend) ? Apa arti dividen likuidasi ?


Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang memiliki suatu Assets yang dari tahun ke tahun nilainya semakin susut, dan bilamana nilai tersebut sudah habis. ternyata tidak dapat diganti dengan Assets baru yang sama. Padahal Assets itu mempunyai arti yang sangat penting bagi perusahaan yang bersangkutan. Misalnya tanah pertambangan yang jika sudah habis nilai tambangnya, maka tidak dapat diganti dengan ’’pembelian” tanah tambang yang baru. Assets semacam ini disebut ’’Wasting Assets”.

Dengan habisnya nilai Wasting Assets tersebut berarti habis pula usaha perusahaan yang bersangkutan. Ini berarti bahwa dengan semakin susutnya nilai Wasting Assets secara berangsur-angsur, perusahaan yang bersangkutan mengalami likuidasi (pembubaran) secara berangsur-angsur pula. Oleh karena likuidasi (pembubaran) atau berhentinya usaha perusahaan, maka hal ini akan membawa akibat diadakannya pembagian sisa kekayaan kepada para pemegang saham, maka perusahaan yang mengexploitir suatu Wasting Assets semacam ini perlu pula secara berangsur-angsur mengadakan pembayaran pembagian kekayaan tersebut kepada para pemegang saham-sahamnya.

Bagi para pemegang saham, angsuran-angsuran pembagian kekayaan itu merupakan pengurangan nilai Investment in Stock-nya, sehingga harus dicatat dalam perkiraan itu di sebelah kredit.

Biasanya angsuran pembagian kekayaan dilakukan bersamaan dengan pembagian dividen. Di samping dividen tersebut merupakan pembagian laba, sebagian dari dividen tersebut juga merupakan angsuran pembagian kekayaan yang dinamakan Liquidating Dividend (dividen likuidasi).

Pendek kata, definisi dividen likuidasi adalah deviden yang sebagian jumlahya merupakan pengembalian modal. Dividen likuidasi biasanya dibayar ketika sebuah perusahaan akan keluar dari bisnis atau telah menjual sebagian dari aset perusahaan. Jika sebuah perusahaan mengklaim kebangkrutan atau akan berhenti operasi bisnis, maka perusahaan akan melakukan pembayaran kepada pemegang sahamnya. Pembayaran tersebut didasarkan pada seberapa banyak saham yang dimiliki pemegang saham dalam suatu perusahaan.


Contoh Dividen Likuidasi


Misalkan perusahaan mula-mula mempunyai investasi jangka panjang dalam bentuk saham biasa dari PT Antam yang mempunyai wasting assets, sebanyak 100 lembar, dengan harga pembelian sebesar Rp 12 Milyar (harga kurs ditambah biaya provisi dan meterai).

Tanggai 15 Januari 2018 perusahaan menerima Liquidating Dividend sebesar Rp 750 juta di mana yang 40% adalah sebagai angsuran pembagian kekayaan, sedangkan yang 60% sebagai bagian dari laba. Maka jurnal dividen likuidasi yang dibuat atas peristiwa ini adalah :

Cash                  Rp 750 juta

Investment in Common Stock  Rp 300 juta

Dividend Earned                          Rp 450 juta


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dividen likuidasi dan contohnya. Semoga bermanfaat.