PENGERTIAN DIVIDEN DALAM AKUNTANSI

Artikel akuntansi kali ini akan menjelaskan tentang pengertian deviden dan jenisnya (pengertian dividen dan contohnya).


Pengertian Dividen Dalam Akuntansi

Apa arti dividen dalam akuntansi ? Apa itu dividen dalam akuntansi ?


Definisi dividen dalam akuntansi menurut para ahli :

Pengertian deviden dalam akutansi adalah bagian laba yang diterima oleh pemilik saham, yang berasal dari keuntungan perusahaan selama usahanya dalam suatu periode. Seringkali tidak semua dari keuntungan tersebut dibagi ke dalam dividend, melainkan sebagian dari padanya digunakan lagi untuk memperbesar usaha perusahaan.

Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan, dimana perusahaan memutuskan untuk mendistribusikannya kepada para pemegang saham. Para pemegang saham dapat menikmati dividen tersebut dengan bebas pajak. Jika sebuah perusahaan telah membuat kerugian maka perusahaan tersebut tidak akan mampu membayar dividen.

Dividen adalah suatu pembayaran yang dilakukan kepada pemegang saham yang sebanding dengan jumlah saham yang dimiliki. Hal ini disahkan oleh dewan direksi. Dividen biasanya dikeluarkan oleh perusahaan yang tidak menuai pertumbuhan yang signifikan atau tidak melakukan investasi kembali. Perusahaan juga dapat menerbitkan dividen untuk menarik investor yang mencari sumber pendapatan tetap, dan biasanya dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham dalam jangka panjang.


Macam Macam Dividen

Apa saja macam-macam pembagian dividen / macam-macam kebijakan dividen ?


Jenis dividen menurut para ahli dibagi ke dalam 6 golongan yaitu  :

  • Cash Dividend yaitu dividend dalam bentuk uang.
  • Stock Dividen, yaitu dividend yang berupa saham-saham yang dikeluarkan oleh perusahaan itu sendiri.
  • Stock Right (Stock Warrant), adalah surat hak untuk membeli saham baru yang dikeluarkan oleh sesuatu perusahaan. Biasanya pembelian saham baru dengan menggunakan Stock Right ini memungkinkan memperoleh harga pembelian yang lebih murah, jika dibandingkan dengan pembelian tanpa menggunakan Stock Right semacam ini.
  • Scrip dividen, adalah janji untuk membayarkan cash dividen kepada pemegang saham di kemudian hari, dan pada dasarnya dibuat dengan menggunakan surat promes.
  • Liquidating dividend (Dividen likuidasi) adalah dividen yang dikeluarkan ketika dewan direksi berniat untuk melikuidasi bisnis dan mengembalikan semua aset bersih yang tersisa kepada pemegang saham dalam bentuk uang tunai (cash).

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dividen dan kebijakannya. Semoga bermanfaat :)