PENGERTIAN DEPLESI DALAM AKUNTANSI


Pengertian Deplesi Dalam Akuntansi

Apa yang dimaksud dengan deplesi ? Apa itu deplesi dalam akuntansi ?


Pengertian Deplesi Menurut Para Ahli :


Deplesi adalah metode akuntansi untuk mengurangi nilai sumber daya alam secara bertahap sampai menjadi nol selama beberapa periode atau beberapa tahun. Deplesi dihitung berdasarkan seberapa banyak penghasilan yang didapat dari jumlah aset yang diambil dari total cadangan sumber daya alam dalam satu periode akuntansi.

Deplesi adalah penurunan fisik yang nyata dari sebuah sumber daya alam. Contoh deplesi : Sebuah ladang minyak yang persediaan minyaknya menipis karena sudah diambil dari waktu ke waktu (periode ke periode). Deplesi umumnya terkait dengan bidang pertambangan, pengeboran minyak bumi dan penggunaan hutan. Deplesi dalam akuntansi dapat dianggap sebagai biaya variabel, karena terkait erat dengan tingkat konsumsi suatu sumber daya (input).

Arti kata deplesi berasal dari bahasa Inggris Depletion yang artinya penipisan atau pengurangan. Arti deplesi dalam akuntansi adalah penyusutan yang digunakan untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak, bijih besi, hasil kayu dsb. Deplesi adalah sebuah konsep akuntansi yang paling sering digunakan di area pertambangan, kayu, minyak bumi, atau industri lain yang sejenis.

Definisi deplesi adalah sebuah metode akuntansi akrual yang digunakan perusahaan untuk mengalokasikan biaya penggalian ataupun exploitasi sumber daya alam seperti kayu, mineral dan minyak dari bumi. Deplesi pada umumnya dihitung untuk tujuan pengurangan pajak dan pembukuan. Tidak seperti depresiasi dan amortisasi yang hanya “menggambarkan” penurunan nilai karena penuaan peralatan dan properti, namun deplesi adalah penipisan fisik yang “nyata” dan benar-benar terjadi dari suatu sumber daya alam perusahaan.

Deplesi artinya berkurangnya nilai sumber-sumber alam seperti tambang dan hutan kayu yang disebabkan oleh perubahan-perubahan (pengolahan) sumber daya alam tersebut sehingga menjadi persediaan. (pengertian deplesi menurut Zaki Baridwan 1999:324)

Deplesi adalah penghapusan harga perolehan sumber alam secara sistematis. (pengertian deplesi menurut Haryono Jusuf, Dasar-dasar Akuntansi 2001:205)


Apa persamaan dan perbedaan depresiasi deplesi dan amortisasi ?


Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya-tanya apa sih yang menjadi persamaan dan perbedaan deplesi dan depresiasi (perbedaan deplesi dengan penyusutan) & perbedaan deplesi dan amortisasi ?

Persamaan depresiasi deplesi dan amortisasi yaitu sama-sama merupakan perhitungan penurunan manfaat ekonomi atas suatu aktiva tetap. Sedangkan perbedaan deplesi depresiasi dan amortisasi secara singkat yaitu :

  • Depresiasi adalah metode penyusutan manfaat ekonomi untuk aktiva tetap berwujud yang pada umumnya aktiva tersebut bisa diperbarui jika habis, seperti plant and equipment (tanah, bangunan, mesin, kendaraan dsb).
  • Deplesi adalah metode penyusutan untuk aktiva tetap berwujud dan aktiva tetap tidak berwujud ataupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti: kayu, barang tambang dsb.

Intangible Fixed Assets (aktiva tetap tidak berwujud) terkadang mempunyai jangka umur pemanfaatannya (jangka waktu umur ekonomisnya). Jangka waktu tersebut misalnya dibatasi oleh batas berlakunya izin yang diberikan oleh pemerintah, oleh kemajuan teknologi sehingga ciptaan-ciptaan di waktu yang lalu menjadi ketinggalan zaman (out of date) dan secara ekonomis tidak menguntungkan lagi; oleh kemajuan ilmu pengetahuan sehingga keahlian tertentu di masa yang lalu menjadi kurang bermanfaat lagi; kemajuan pembangunan yang mengakibatkan perubahan tata kota sehingga sesuatu letak (lokasi) yang semula strategis dapat berubah menjadi kurang strategis, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebagaimana halnya dengan aktiva tetap berwujud, maka terhadap beberapa jenis Intangible Fixed Assets diperlukan pula adanya penghapusan yang dibukukan ke dalam perkiraan Depletion (deplesi).


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian deplesi dalam akuntansi. Semoga kamu bisa semakin memahami perbedaan depresiasi deplesi dan amortasi ya :)