PENGERTIAN DAN MANFAAT TEORI AKUNTANSI

Materi teori akuntansi kali ini akan menjelaskan tentang pengertian teori akuntansi dan manfaatnya (pengertian dan tujuan teori akuntansi).

Pengertian dan Manfaat Teori Akuntansi

Pengertian Teori Akuntansi

Apa pengertian teori akuntansi secara umum ?

pengertian teori akuntansi menurut para ahli :

Pengertian teori akuntansi adalah seperangkat asas hipotesis, konseptual dan pragmatis yang terpilih antara yang satu dengan yang lainnya, yang membentuk suatu kerangka acuan untuk bidang akuntansi.

Dalam buku ’’accounting theory” karangan Eldon.S Hendriksen, definisi teori akuntansi adalah suatu penalaran logis dalam bentuk seperangkat azas atau prinsip yang merupakan kerangka acuan umum (General Frame) untuk menilai praktek-praktek akuntansi serta dapat digunakan sebagai pedoman bagi pengembangan praktek-praktek dan prosedur-prosedur yang baru.

Manfaat Teori Akuntansi

  • Apa manfaat mempelajari teori akuntansi (manfaat belajar teori akuntansi) ?
  • Apa manfaat teori akuntansi dalam pengambilan keputusan ekonomi ?

Dari pengertian teori akuntansi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa teori akuntansi selain digunakan untuk, menjelaskan praktek-praktek akuntansi yang telah ada, teori akuntansi juga bermanfaat sebagai suatu kerangka acuan untuk menilai praktek-praktek akuntansi. Teori akuntansi juga dapat kita gunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan praktek-praktek akuntansi dan prosedur-prosedur yang baru.

Teori terdiri dari seperangkat pernyataan yang dihubungkan oleh aturan logika atau penalaran deduktif, artinya seperangkat pernyataan harus meliputi hipotesa yang bisa diuji/premises (walaupun ada satu atau lebih premises dapat didasarkan atas value judment), sehingga dengan adanya informasi baru atau teori yang baru akan memungkinkan untuk meramalkan suatu yang lebih baik sehingga teori yang lama akan diperbaiki atau ditinggalkan apabila dengan pengujian-pengujian lain akan menimbulkan suatu teori yang lebih mampu untuk melakukan peramalan yang lebih baik.

Manfaat teori akuntansi untuk pengambilan keputusan ekonomi pada umumnya adalah untuk meramalkan atau memprediksi beberapa kejadian yang bersifat ekonomi dan akuntansi di masa yang akan datang. Suatu teori dapat meramalkan suatu kebangkrutan perusahaan dan kebangkrutan tersebut akan menjadi nyata apabila orang-orang percaya akan ramalan tersebut.

Oleh sebab itu suatu teori akan dapat bertahan atau suatu teori akan dapat dinilai baik-buruknya dengan melihat atau mempertimbangkan kemampuan teori tersebut dalam menjelaskan atau meramalkan suatu keadaan dimasa yang akan datang serta kemampuan teori tersebut dalam mengukur tingkat resiko yang mungkin terjadi.

Dapat disimpulkan bahwa manfaat belajar teori akuntansi adalah agar kita mengetahui acuan dasar apa saja yang melandasi berbagai praktek ilmu akuntansi. Dan manfaatnya dalam pengambilan keputusan ekonomi yaitu agar berbagai keputusan-keputusan yang kita ambil tidak salah dan merugikan (tepat sasaran), karena keputusan yang kita ambil itu sebenarnya sudah bisa prediksi ke mana arahnya.

Nah semoga penjelasan mengenai pengertian dan manfaat teori akuntansi ini bisa bermanfaat. Baca juga macam-macam akuntansi dan pengertiannya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *