PENGERTIAN CONVENIENCE GOODS DAN CONTOHNYA

Artikel ini akan menjelaskan pengertian convenience goods dan macam-macam kelompoknya (pengertian dan contoh convenience goods).

Pengertian Convenience Goods dan Contohnya

Apa pengertian dari convenience goods / definisi convenience goods ?

Convenience goods adalah barang yang didistribusikan secara luas dan barang-barang tersebut sering dibeli serta harganya relatif murah. Convenience goods artinya hampir sama dengan barang pokok karena barang ini dibeli untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Contoh convenience goods adalah barang-barang yang dijual di toko kelondong seperti beras, air minum, rokok, deterjen, sabun, permen dsb.

Ciri-ciri convenience goods yaitu :

  • Frekuensi pembelian yang tinggi
  • Itemnya banyak tersedia di pasaran
  • Hanya memerlukan sedikit usaha untuk memilikinya (minimal effort)
  • Rata-rata barangnya tidak tahan lama (cepat habis dipakai)
  • Permintaan akan barang tersebut cukup banyak dan relatif stabil
  • Rata-rata sudah mempunyai standar harga masing-masing

Macam-macam kelompok convenience goods yaitu :

Barang pokok

Yang termasuk barang pokok adalah barang kebutuhan dasar manusia yang berkaitan dengan sandang, pangan, papan dsb (yang digunakan setiap hari) dimana apabila kita tidak membeli barang tersebut maka kita tidak bisa bertahan hidup dengan baik. Contoh : air, beras, sayuran, sabun, pasta gigi, pakaian, bensin dsb

Emergency goods

Pengertian emergency goods adalah barang-barang yang dibutuhkan secara darurat dan tidak bisa ditunda-tunda pemenuhannya. Biasanya digunakan dalam situasi tertentu saja (tidak setiap hari digunakan). Contoh emergency goods adalah payung, senter, lilin dsb.

Impulse goods / Unsought goods

Pengertian impulse goods adalah produk yang dibeli oleh konsumen tanpa perencanaan terlebih dahulu, biasa bersifat reflek dan mendadak. Hal ini biasanya terjadi akibat dari tindakan pemasar / penjual yang melakukan kegiatan promosi, seperti persuasi ataupun pemberian diskon khusus untuk item tertentu. Contoh : Bu Irma pergi ke Indomaret untuk membeli 1 kotak susu seharga 40 ribu. Namun ternyata di Indomaret ada diskon yang menarik untuk minggu ini yaitu khusus pembelian 2 kotak susu, harganya akan menjadi 65 ribu. Tanpa pikir panjang Bu Irma tersebut langsung mengambil 2 kotak susu dan membayar uang sebesar 65 ribu.

Nah semoga kamu bisa memahami pengertian convenience goods dan contohnya ya ! Baca juga perbedaan produk dan jasa dalam pemasaran :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *