PENGERTIAN CONTROLLING DALAM MANAJEMEN

Materi akuntansi manajemen kali ini akan menjelaskan pengertian controlling dalam fungsi manajemen / definisi pengawasan dalam fungsi manajemen.

Pengertian Controlling Dalam Manajemen

Apa yang dimaksud dengan controlling dalam manajemen ?

Pengertian controlling adalah serangkaian proses pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan, serta menilai apakah kegiatan tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau tidak. Controlling juga berarti mencari informasi tentang berbagai penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan melakukan tindakan pencegahan bila diperlukan. Hal ini sering juga disebut follow up.

Jadi dalam hal ini manajer harus selalu berusaha memiliki catatan-catatan atau gambaran-gambaran yang dapat dipakai sebagai pengukur atau barometer terhadap seluruh kegiatan produksi, sehingga segera dapat diketahui di mana terjadi hambatan atas kelancaran proses produksi.

Adapun pengertian controlling dalam manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut :

  • Controlling dalam manajemen adalah tindakan individu atau kelompok dalam sebuah organisasi untuk membatasi tindakan tertentu sambil menghindari tindakan lainnya dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Controlling adalah proses untuk memastikan kegiatan yang sedang berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan kata lain, pengertian controlling dalam manajemen adalah usaha pengukuran kinerja aktual dengan kinerja yang diharapkan dan mengambil tindakan korektif. Tujuannya adalah untuk memastikan agar kinerja aktual konsisten dengan rencana. Controlling dalam manajemen sangat membantu manajer dalam memantau efektivitas perencanaan bisnis.
  • Pengertian pengawasan dalam fungsi manajemen adalah memastikan bahwa kinerja saat ini tidak menyimpang dari standar. Pengawasan (controlling) terdiri dari tiga langkah, yang meliputi (1) menetapkan standar kinerja, (2) membandingkan kinerja aktual terhadap standar, dan (3) mengambil tindakan korektif bila diperlukan. Standar kinerja sering dinyatakan dalam istilah moneter seperti pendapatan, biaya, atau keuntungan, namun bisa juga dinyatakan dalam istilah lain, seperti unit yang diproduksi, jumlah produk cacat, atau tingkat kualitas atau layanan pelanggan.
  • Arti controlling dalam fungsi manajemen adalah kegiatan untuk memastikan pemanfaatan sumber daya organisasi yang efektif dan efisien, menganalisis tindakan penyimpangan kinerja aktual dari kinerja standar, menemukan penyebab penyimpangan tersebut dan membantu mengambil tindakan korektif sehingga mencapai tujuan organisasi yang telah direncanakann sebelumnya.

Itulah beberapa pengertian controlling pada manajemen. Semoga bemanfaat ! Baca juga pengertian forecasting dalam manajemen operasional :)