PENGERTIAN CAPITAL DALAM AKUNTANSI


Pengertian Capital Dalam Akuntansi

Apa yang dimaksud dengan capital ? Apa arti capital dalam akuntansi ?


Capital adalah modal pokok yang disetor oleh pemilik perusahaan. Dalam hal ini, capital tidak mencakup modal perusahaan yang berasal dari keuntungan perusahaan dari tahun ke tahun yang tidak dibagi (tidak diambil) oleh pemilik perusahaan yang bersangkutan.

Dalam perusahaan perseorangan maupun Persekutuan Firma, Capital dicatat dalam perkiraan yang menyebutkan nama dari pemilik perusahaan atau peserta Firma itu (partner), beserta besarnya modal masing-masing yang disetor. Adapun modal yang berasal dari laba yang tidak dibagi, dicatat dalam perkiraan tersendiri yang terpisah, yaitu perkiraan Current (Prive) dari masing-masing pemilik (peserta) tersebut.

Jadi untuk pemilik perusahaan yang bernama Alibaba disediakan perkiraan Alibaba, Capital untuk mencatat jumlah modal pokok yang disetor, serta perkiraan Current (prive) untuk mencatat jumlah modal yang berasal dari bagian laba yang menjadi haknya Alibaba.

Dalam perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas, yang modalnya terdiri dari saham-saham, modal pokok dicatat dalam perkiraan Capital Stock sejumlah nilai legal capital atau stated capitalnya, yaitu nilai saham yang terjual (beredar). Bilamana saham yang diedarkan tersebut mempunyai nilai nominal (Par Stock), maka yang dicatat dalam perkiraan Capital Stock adalah sebesar nilai nominal tersebut. Sedangkan selisih antara nilai nominal dengan harga penjualan (harga kurs dikurangi biaya-biaya), dicatat tersendiri dalam perkiraan Premium on Capital Stock atau Discount on Capital Stock.

Akan tetapi bilamana saham yang diedarkan tersebut tidak mempunyai nilai nominal (No Par Stock), maka semua hasil penjualan dicatat dalam perkiraan Capital Stock, sehingga tidak dikenal adanya perkiraan Premium on Capital Stock ataupun perkiraan Discount on Capital Stock.

Selain itu, modal yang berasal dari keuntungan perusahaan dari tahun ke tahun yang tidak dibagi oleh para pemegang saham, dicatat tersendiri dalam perkiraan Retained Earning (laba ditahan).


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian capital dalam akuntansi. Semoga bermanfaat :)