PENGERTIAN BIAYA KESEMPATAN DAN CONTOHNYA

Belajar akuntansi online kali ini akan menjelaskan pengertian biaya peluang dan contohnya (biaya kesempatan dan contohnya).

Pengertian Biaya Kesempatan dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan biaya kesempatan uraikan disertai dengan contohnya ?

  • Biaya kesempatan (opportunity cost) adalah sejumlah biaya yang berpotensial untuk hilang atau biaya yang dikorbankan untuk melepas sesuatu demi mendapatkan sesuatu lainnya.
  • Biaya kesempatan adalah biaya yang hilang untuk membuat satu keputusan investasi tertentu. Biaya ini merupakan jenis biaya yang mendasar di bidang ekonomi, dan pada umumnya digunakan dalam menghitung analisis biaya manfaat dari proyek.
  • Pengertian opportunity cost yaitu segala manfaat, keuntungan, atau nilai dari sesuatu yang harus direlakan untuk memperoleh atau mencapai sesuatu yang lain.

Opportunity cost dikenal di Indonesia dengan sebutan biaya kesempatan atau biaya peluang. Untuk mengilustrasikan biaya peluang ini, ada baiknya kamu memperhatikan contoh biaya peluang dalam kehidupan sehari-hari dibawah ini :

Contoh Biaya Kesempatan (Opportunity Costs)

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan biaya peluang dalam kehidupan sehari-hari :

CONTOH 1 :

Saat ini Sarah bekerja pada suatu perusahaan yang menggajinya sebanyak $15.000 setahun. Sekarang ia sedang memikirkan untuk berhenti kerja agar dapat kembali melanjutkan kuliahnya. Gaji yang saat ini sebesar $15.000 per tahun (yang akan hilang) itu menggambarkan biaya kesempatan / biaya peluang untuk mencoba melanjutkan pendidikan terlepas ia bisa lulus kuliah atau tidak.

CONTOH 2 :

Suatu perusahaan sedang mempertimbangkan penanaman sejumlah uang kedalam bentuk tanah yang akan dimiliki untuk perluasan di masa mendatang. Selain dapat ditanamkan kedalam bentuk tanah, sebenarnya dana tersebut juga dapat ditanamkan kedalam bentuk surat berharga yang memberikan hasil tinggi. Apabila tanah benar-benar jadi dibeli, maka biaya kesempatannya adalah penghasilan investasi yang dapat diperoleh apabila surat berharga dibeli. Dengan kata lain, penghasilan investasi yang tinggi dari surat berharga tersebut merupakan biaya peluang (opportunity cost) yang harus dikorbankan demi memiliki tanah.

CONTOH 3 :

Pak Joni mempunyai sebuah rumah bedeng dengan 3 pintu, yang mana 2 pintu tersebut dia sewakan dengan harga 10 juta pertahun. Dengan demikian dia mendapatkan uang sewa sebanyak 20 juta setahun dari 2 pintu. Namun Pak Joni memutuskan untuk tidak lagi menyewakan 2 pintu tersebut agar keluarganya lebih tenang dan lebih leluasa. Penghasilan sewa di masa lalu (20 pertahun) merupakan biaya kesempatan (opportunity cost) atas keputusannya.

Biaya kesempatan biasanya tidak dicatat pada buku perusahaan, namun biaya kesempatan merupakan suatu biaya yang harus dipertimbangkan dengan tegas dalam setiap keputusan yang dibuat manajer. Sebenarnya, setiap alternatif mempunyai beberapa biaya kesempatan yang melekat. Misal, dalam Contoh. 1 diatas, jika Sarah memutuskan untuk tetap bekerja, maka masih ada biaya kesempatan yang terlibat, yaitu penghasilan yang lebih besar yang diperoleh di tahun-tahun mendatang sebagai akibat kembali ke kampus.

Pendek kata, setiap alternatif keputusan yang diambil mempunyai segi kebaikan dan keburukan. Dalam prakteknya, segi yang baik harus dikorbankan bersama-sama dengan segi yang buruk.

Semoga kamu bisa memahami pengertian biaya peluang dan contohnya ya ! Baca juga pengertian idle time cost :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *