PENGERTIAN BARANG KONSUMSI DAN CONTOHNYA

Pengertian Barang Konsumsi dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan barang konsumsi ? Apa itu barang konsumsi ?

Definisi barang konsumsi:

Barang konsumsi adalah barang yang dibeli oleh masyarakat untuk dipakai sendiri atau dikonsumsikan sendiri guna memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Contoh barang konsumsi misalnya makanan, minuman, pakaian, perabot rumah tangga, alat-alat tulis bahkan juga sepeda motor & mobil. Perbedaan antara barang konsumsi dan barang industri terletak pada tujuannya.

Masyarakat membutuhkan barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dalam kehidupannya sehari-hari. Pemasaran bagi produk semacam ini pada umumnya banyak mengandung aspek nonteknisnya atau banyak mengandung aspek sosial budaya atau generic need. Oleh karena itu maka pengusaha haruslah banyak memberikan kandungan sosial budaya terhadap strategi pemasarannya baik dalam produknya, harganya, distribusinya maupun promosinya. Hal ini terjadi karena dalam hal barang-barang semacam ini akan menyentuh kehidupannya sehari-hari yang tidak akan bisa lepas dari kehidupan tetangganya, serta anggota masyarakat yang lain yang menjadi pergaulannya.

Oleh karena itulah maka dalam jenis barang macam ini banyak unsur atau motif emosional (emotional motive) yang memainkan peranan dalam pembelian barang tersebut. Dalam pembelian barang jenis ini lebih banyak unsur emosional daripada unsur rasionalnya. Meskipun unsur rasional tetap ada akan tetapi aspek emosional atau sosial budaya akan sangat banyak pengaruhnya dalam proses pengambilan keputus-an untuk membeli dari para konsumen.

Macam Macam Barang Konsumsi

Apa saja 3 macam barang konsumsi / 3 jenis barang konsumsi ?

Macam-macam barang konsumsi berdasarkan tingkat frekuensi konsumsi yang dilakukan ada 3 jenis yaitu :

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian barang konsumsi dan contohnya. Baca juga pengertian barang industri dan contohnya agar kamu mengetahui akan perbedaan barang konsumsi dan barang industri :)