PENGERTIAN BARANG INDUSTRI DAN CONTOHNYA

Pengertian Barang Industri dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan barang industri ? Apa itu barang industri ?

Pengertian barang industri adalah produk atau jasa yang dibeli untuk digunakan dalam proses produksi barang atau jasa lainnya dalam operasi bisnis, atau untuk dijual kembali kepada konsumen.

Barang industri dapat berupa mesin, bahan material pabrik, atau bagian komponen yang akan digunakan oleh industri. Barang industri dapat digolongkan menjadi :

  • Production goods yaitu barang produksi yang akan masuk ke tahap produksi produk akhir, seperti bahan baku dan komponen-komponen. Contohnya : Perusahaan produsen mobil mempunyai production goods berupa karbon, besi dan baja yang akan mereka gunakan untuk membentuk kerangka mobil.
  • Support goods yaitu barang yang membantu dalam proses produksi, seperti peralatan tetap, mesin, dan peralatan pabrik lainnya. Contoh : Perusahaan produsen mobil memerlukan mesin press untuk membentuk kerangka mobil.

Apa perbedaan barang konsumsi dan barang industri ?

Perbedaan barang konsumsi dan barang industri terletak pada posisi konsumen akhir dan tujuan pembeliannya. Contoh : Apabila seseorang membeli motor bebek untuk kebutuhan sehari-harinya pergi ke kantor maka motor bebek tersebut dapat disebut sebagai barang konsumsi. Hal ini dikarenakan seseorang tersebut posisinya berada di konsumen akhir dan tujuan pembeliannya untuk dikonsumsi dalam skala keperluan pribadi (non bisnis).

Sedangkan apabila perusahaan Mcdonald membeli sebuah motor bebek, maka motor tersebut akan dianggap sebagai production goods karena motor tersebut digunakan untuk membantu proses bisnisnya yaitu mcdonald delivery (mengantarkan pesanan ke pelanggan).

Nah semoga kamu bisa memahami pengertian barang industri dan contohnya ya ! Baca juga pengertian specialty goods dan contohnya :)