PENGERTIAN AUDITING SECARA UMUM

Pengertian Auditing Secara Umum

Apa itu auditing ? Apa yg dimaksud dengan auditing secara umum ?


Pengertian Auditing Menurut Para Ahli


Pengertian auditing menurut PSAK :

Arti auditing adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti yang dikumpulkan atas pernyataan (asersi) tentang berbagai aktivitas dan kejadian-kejadian ekonomi yang bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat korelasi antara pernyataan (asersi) dengan kenyataan yang ada dilapangan serta mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.


Pengertian auditing menurut arens 2010 :

Auditing adalah suatu proses yang terpadu mengenai pengumpulan dan penilaian oleh seorang ahli yang bebas mengenai informasi yang dinyatakan dengan angka dari suatu kesatuan ekonomi tertentu (specific economic entity) dengan tujuan untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesamaan antara informasi yang dinyatakan dengan angka dengan ukuran atau kriteriai yang ada (established criteria).

Specific economi entity (suatu kesatuan ekonomi tertentu) adalah batasan-batasan yang dapat memperjelas luasnya tanggung jawab pemeriksa dalam melakukan pemeriksaannya. Dalam kebanyakan hal kesatuan ekonomi tertentu merupakan badan hukum seperti P.T., unit-unit pemerintahan, partnership atau perusahaan perseorangan, akan tetapi di dalam beberapa jenis pemeriksaan kesatuan ekonomi tertentu ini diberikan pengertian sebagai suatu bagian, devisi, departement, atau individu, dan di dalam kesatuan ekonomi tertentu selalu dikaitkan dengan jangka waktunya (Periode).

Established Criteria (ukuran/kriteria yang ada) adalah standard yang digunakan oleh auditor dalam menentukan tingkat kepastian dari pada informasi yang diperoleh, apakah cukup layak atau tidak, untuk dapat menentukan apakah informasi yang didapatkan itu sudah memadai atau tidak, maka perlu dibandingkan dengan Standard kriteria yang ada, misalnya Prinsip Akuntansi Berlaku Umum (PABU), Kebijaksanaan/peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lain-lain. Jadi standar-standar untuk menilai informasi yang didapatkan dapat berbeda-beda dalam setiap pemeriksaan tergantung kriteria mana yang akan digunakan sesuai dengan maksud dan tujuan pemeriksaan.


Pengertian auditing menurut mulyadi 2010 :

Pengertian auditing adalah suatu proses yang sistematik untuk mendapatkan bukti-bukti yang objektif mengenai kegiatan dan kejadian ekonomi serta mengevaluasi apakah hal tersebut telah sesuai dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan. Kemudian hasilnya akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.


Pengertian auditing menurut konrath :

Pengertian auditing adalah serangkaian proses sistematis untuk mendapatkan dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi berbagai kegiatan dan kejadian ekonomi. Tujuannya adalah untuk meyakinkan seberapa besar tingkat keterkaitan antara asersi tersebut dan kriteria yang telah ditetapkan yang kemudian hasilnya akan dikomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.


Pengertian auditing menurut sukrisno agoes :

Definisi auditing adalah kegiatan pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis oleh pihak-pihak yang betul-betul independen. Proses pemeriksaan tersebut berfokus pada laporan keuangan beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukung lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan tersebut.


Dapat kita simpulkan bahwa pengertian auditing secara umum adalah suatu proses untuk mendapatkan berbagai bukti audit dan kemudian melakukan proses pemeriksaan terhadap berbagai bukti audit tersebut melalui metode sampling kemudian menginformasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Sementara pengertian auditor adalah orang yang melakukan kegiatan auditing.


Nah semoga kamu mengerti mengenai pengertian auditing secara umum ya teman ! Baca juga jenis-jenis audit dan pengertiannya :)