PENGERTIAN AUDIT PROGRAM DAN TUJUAN AUDIT PROGRAM


Pengertian Audit Program

Apa yang dimaksud dengan audit program ? Apa itu audit program ? Apa arti audit program ?


Pengertian audit program menurut para ahli :

Audit program adalah daftar prosedur pemeriksaan yang akan dilakukan, yang dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan integrasi semua bagian-bagian pemeriksa. Kegunaan dari audit program adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh atas audit proses yang telah dilakukan. Pembuktian yang cukup harus diperoleh melalui pengamatan, tanya jawab dan teknik lainnya  sebagai dasar yang layak untuk pemberian pendapat atas ikhtisar keuangan yang diperiksanya.

Pemeriksaan (aktivitas audit) harus direncanakan sebaik-baiknya dan jika digunakan tenaga-tenaga pembantu, mereka harus dipimpin dan diawasi dengan baik. Pemeriksaan harus dilaksanakan oleh seorang atau beberapa orang yang telah menjalani latihan teknis yang cukup dan memiliki keakhlian sebagai akuntan. Dalam segala hal yang berhubungan dengan penugasannya, akuntan harus senantiasa mempertahankan kebebasan tindak dan pendapatnya. Dan dalam melaksanakan pemeriksaan dan menyusun laporannya akuntan wajib menjalankan kemahiran jabatannya dengan seksama.

Pengertian audit program adalah prosedur langkah demi langkah yang ditetapkan oleh perusahaan audit (KAP) tergantung pada ruang lingkup auditnya yang harus diikuti oleh akuntan (auditor) dalam melakukan audit.

Program audit adalah serangkaian kebijakan dan prosedur untuk menentukan bagaimana evaluasi bisnis (proses audit) harus dilakukan. Audit program pada umumnya melibatkan petunjuk khusus seperti apa, berapa banyak bukti harus dikumpulkan dan dievaluasi, serta siapa yang akan mengumpulkan dan menganalisis data tersebut dan termasuk juga kapan hal tersebut harus dilakukan. Jenis audit program yang digunakan biasanya disesuaikan dengan jenis bisnis tertentu.

Definisi audit program adalah serangkaian rencana tindakan auditor berisikan pekerjaan apa yang harus diselesaikan, tes audit & prosedur apa yang harus diikuti, siapa saja orang yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.


Tujuan Audit Program

Apa tujuan program audit ?


Tujuan audit program antara lain :

  • Sebagai acuan pengumpulan data dan proses evaluasi pelaksanaan tugas audit.
  • Sebagai pedoman spesifik & langkah-langkah yang harus diikuti dalam mengumpulkan bukti audit.
  • Sebagai sarana perbandingan data yang dikumpulkan dari tahun-tahun sebelumnya.
  • Sebagai alat untuk mengontrol dan mencatat pelaksanaan yang tepat dari pekerjaan audit dan juga untuk meninjau pekerjaan audit.
  • Sebagai bukti audit yang mendukung pendapat auditor.