PENGERTIAN ASET DALAM AKUNTANSI

Pengertian Aset Dalam Akuntansi

Apa yang di maksud dengan asset ? Apa pengertian asset dalam akuntansi ?

Aset sama artinya dengan kata aktiva. Aset dalam teori akuntansi terbagi ke dalam 2 golongan yaitu aset lancar dan aset tidak lancar (aset tetap)

Pengertian aset menurut para ahli akuntansi :

  • Asset adalah segala sesuatu yang berbentuk uang atau, segala sesuatu yang dapat diubah kedalam bentuk uang yang mempunyai nilai manfaat bagi seseorang atau beberapa orang dan asset tersebut dijamin secara hukum. (Canning)
  • Pengertian aset adalah sumber-sumber ekonomis dari suatu perusahaan yang diukur dan diakui sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum, termasuk di dalamnya biaya yang ditangguhkan. (APB Statement No. 4)
  • Aset dalam akuntansi adalah suatu resources (sumber-sumber) yang berada dibawah pengendalian suatu entity (Ijiri)
  • Assets adalah sesuatu yang ada di bawah pengendalian suatu entitas. Pengendalian tersebut dapat meliputi kemampuan perusahaan untuk menjalankan haknya. (Chambers)
  • Aktiva adalah jasa-jasa yang diberikan untuk masa yang akan datang yang diukur dalam satuan moneter ataupun yang dapat dikonversikan dalam bentuk uang di mana secara hukum dijamin kepemilikannya untuk beberapa organisasi atau sekumpulan organisasi.
  • Definisi aset dalam akuntansi adalah sumber-sumber perekonomian dari suatu perusahaan yang diakui dan diukur sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum termasuk beberapa biaya yang ditangguhkan yang merupakan sumber perekonomian.
  • Pengertian aset dalam akuntansi adalah suatu keuntungan ekonomis dimasa yang akan datang yang mungkin dapat diperoleh / dikendalikan oleh suatu kesatuan usaha akibat transaksi atau kejadian dimasa lampau.

Itulah beberapa pengertian aset dalam akuntansi. Semoga bisa dipahami ! Baca juga pengertian expense dalam akuntansi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *