PENGERTIAN AKUNTANSI PERPAJAKAN (TAX ACCOUNTING)

Materi akuntansi perpajakan kali ini akan menjelaskan tentang pengertian akuntansi perpajakan menurut para ahli.

Pengertian Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Apa yang dimaksud dengan akuntansi perpajakan ? Apa itu akuntansi perpajakan ?

Sebenarnya dalam dunia perpajakan tidak ada yang namanya istilah akuntansi. Dalam perpajakan hanya mengenal istilah pencatatan dan pembukuan. Hal ini dikarenakan akuntansi pada dasarnya tidak diwajibkan dalam perpajakan.

Mengapa tidak wajib ? Karena sejatinya tidak semua orang ( wajib pajak ) bisa melakukan praktek akuntansi. Jangankan wajib pajak, orang yang belajar pajak ataupun yang kerja di kantor pajak saja belum tentu paham akan praktek akuntansi. Betul apa betul ?

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa akuntansi itu cakupannya lebih luas jika dibandingkan dengan pembukuan dan pencatatan. Lalu apa sih sebenarnya definisi akuntansi perpajakan itu ?

Pengertian Akuntansi Perpajakan Menurut Para Ahli

  • Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang diterapkan sesuai dengan prinsip perpajakan.
  • Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang berhubungan dengan mempersiapkan informasi keuangan seseorang atau perusahaan, sehingga dimungkinkan untuk menghitung berapa banyak jumlah pajak yang mereka harus bayar.
  • Akuntansi pajak adalah cabang yang berbeda dari akuntansi pada umumnya. Hal ini dikarenakan akuntansi pajak tidak berfokus pada pengambilan keputusan dan lebih condong kepada penyediaan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mematuhi segala aturan dan regulasi pemerintah. Bahkan di akuntansi pajak perusahaan kerap kali mengambil semua tindakan yang memungkinkan untuk meminimalkan pembayaran pajak mereka.
  • Pengertian akuntansi perpajakan adalah metode akuntansi yang berfokus pada masalah pajak yang mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan pengisian laporan pajak serta perencanaan untuk kewajiban pajak di masa yang akan datang.
  • Akuntansi perpajakan adalah metode akuntansi yang berfokus pada pajak dan diatur oleh pemerintah. Prinsip pajak seringkali berbeda dari Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum (PABU).
  • Arti akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang mengatur perencanaan strategi bisnis perusahaan yang berfokus pada pembayaran pajak dan pengindaran pajak.

Nah itulah beberapa definisi akuntansi perpajakan menurut para ahli. Semoga artikel akuntansi perpajakan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca belajarakuntansionline.com :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *